Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesumbar Qualcomm, Snapdragon X Elite Lebih Kencang dari Apple M3

Kompas.com - 19/12/2023, 15:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Qualcomm pada akhir Oktober lalu memperkenalkan Snapdragon X Elite yang merupakan chip ARM untuk laptop Windows.

Chip ini diklaim lebih kencang dari Apple M2, tapi tak lama kemudian Apple meluncurkan chip generasi berikutnya, M3, sehingga seolah mementahkan klaim Qualcomm.

Belakangan, Qualcomm dikabarkan mengalihkan bidikan ke M3 dengan mengeklaim bahwa Snapdragon X Elite pun melewati chip bikinan Apple tersebut hal kinerja single-thread CPU. Kinerja multi-thread juga disebut lebih tinggi hingga 21 persen.

Hal tersebut diungkapkan kepada Digital Trends yang berkesempatan menjajal unit laptop dummy dengan chip Snapdragon X Elite.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Elite, Chip 12 Core untuk Laptop

Meskipun demikian, Senior Manager Public Relations Qualcomm Sashca Segan menekankan bahwa pengalaman yang akan didapat pengguna kedua chip bakal berbeda.

Sebab, platform masing-masingnya juga beda. Qualcomm Snapdragon X Elite bakal digunakan di perangkat-perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows, sementara M3 di komputer berbasis MacOS dari Apple.

Ilustrasi Apple M3Apple Ilustrasi Apple M3

"Namun, dalam hal hardware, yakni satu-satunya hal yang bisa kami kendalikan, kualitasnya sudah bagus," ujar Segan, sebagaimana dhimpun KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (19/12/2023).

Selain sesama chip ARM (Apple M), pada saat peluncurannya, Qualcomm ikut membandingkan Snapdragon X Elite dengan sejumlah chip laptop berbasis arsitektur x86, yakni Intel Core i7-13800H dan AMD Ryzen 9 7940HX.

Baca juga: Apple M3, Chip 3 Nm Pertama untuk Komputer Desktop

Qualcomm pun mengklaim bahwa Snapdragon X Elite lebih kencang dari dua chip bikinan Intel dan AMD tersebut, dalam hal kinerja CPU maupun GPU terintegrasi.

Di samping 12 Core CPU Oryon 4 nm dan GPU Adreno, Snapdragon X Elite turut dibekali NPU alias Neural Processing Unit Hexagon untuk menangani pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI).

Sayangnya, selagi chip M3 sudah bisa dibeli lewat produk laptop dan komputer Mac terbaru, Snapdragon X Elite baru akan hadir di pasaran pada pertengahan 2024.

Sejumlah vendor sedang bersiap untuk merilis produk-produk laptop yang ditenagai chip ARM dari Qualcomm ini, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Honor, Lenovo, Microsoft, dan Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com