Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Ini Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp Bulan Depan

Kompas.com - 27/02/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp menyetop dukungan untuk sejumlah smartphone berbasis sistem operasi (OS) Android versi lawas mulai Maret 2024. Per 1 Maret 2024, WhatsApp menyetop dukungan untuk perangkat Android versi 5.0 atau disebut juga Android Lollipop.

Jadi, pengguna yang memakai smartphone dengan OS tersebut tidak akan lagi bisa memperbarui aplikasi untuk mendapat fitur-fitur baru, hingga pada akhirnya tidak bisa menggnakan aplikasi pesan instan tersebut.

"Kami memberikan dukungan untuk perangkat Android yang memenuhi persyaratan berikut. Ponsel Android Anda menjalankan OS (Android) 5.0 dan lebih baru," demikian keterangan WhatsApp, dikutip KompasTekno dari halaman Pusat Bantuan (Help Center) WhatsApp, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Cara Melacak Lokasi Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah dan Praktis

Pengguna perangkat dengan OS Android Lollipop pada dasarnya masih bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. Namun karena dukungannya disetop, maka pengguna tidak akan mendapat pembaruan lebih lanjut.

Seiring waktu, sejumlah fungsi dalam aplikasi pesan singkat itu pun bakal menurun, bahkan mungkin tidak bisa lagi digunakan.

Praktik penyetopan dukungan WhatsApp ini sebenarnya lazim terjadi di dunia aplikasi mobile. Pasalnya, sebuah aplikasi harus terus dikembangkan dengan aneka fitur baru.

Nah, fitur-fitur baru itu memerlukan dukungan teknologi terbaru pula. Sementara, perangkat lawas seringkali tidak lagi memadai untuk menjalankan fitur baru yang lebih canggih.

WhatsApp sendiri secara rutin menyetop dukungan bagi perangkat lawas yang menjalankan OS Android maupun iOS versi lama. Pihak WhatsApp berkata praktik ini dilakukan demi mendukung sistem operasi yang lebih baru.

Bila Anda termasuk salah satu pengguna perangkat Android 5.0 Lollipop pada Maret nanti, Anda akan mendapat notifikasi agar melakukan upgrade ke perangkat yang lebih baru. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjalankan aplikasi pesan singkat di bawah naungan Meta tersebut.

"Jika kami berhenti mendukung sistem operasi Anda, Anda akan diberi tahu dan diingatkan beberapa kali agar meningkatkan versi perangkat Anda, sehingga bisa terus memakai WhatsApp," begitu keterangan WhatsApp di halaman dukungan resmi WhatsApp.

Baca juga: Cara Menghapus Seluruh File Media di WhatsApp Desktop

Cara mengecek versi OS Android di smartphone

Seperti dijelaskan di atas, sistem operasi Android yang disetop dukungannya oleh WhatsApp per Maret 2024 adalah versi 5.0 atau Lollipop.

Jadi, perangkat yang menjalankan OS itu, apa pun merek smartphone Androidnya (Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lain-lain), tidak akan lagi mendapat dukungan WhatsApp.

Untuk mengecek OS apa yang dijalankan di perangkat Anda, coba lakukan cara berikut:

  • Buka menu Pengaturan (Settings)
  • Pilih menu Tentang ponsel (About phone)
  • Pilih opsi "versi Android" atau "Informasi software" untuk mengecek versi OS yang berjalan di ponsel

Bila OS yang berjalan di ponsel Anda Android 5.0 Lollipop atau lebih rendah, maka Anda dianjurkan untuk update ke sistem operasi yang lebih baru atau upgrade perangkat ke model lebih baru, sehingga bisa terus menjalankan WhatsApp.

Namun bila OS yang berjalan di ponsel Anda lebih tinggi dari Android 5.0 Lollipop, maka Anda masih bisa menjalankan WhatsApp dan mendapat fitur baru lewat pembaruan yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com