Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Foto HD di WhatsApp Bakal Lebih Mudah, Tak Perlu Atur Manual

Kompas.com - 27/02/2024, 10:31 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) merilis fitur untuk mengirim foto dan video dengan resolusi tinggi alias High Definition/HD.

Akan tetapi, fitur ini tidak diatur secara default. Artinya, pengguna harus mengatur dulu secara manual, sebelum mengirim foto berkualitas tinggi, yakni dengan mengeklik ikon "HD".

Nah, dalam waktu dekat, pengguna WA tak perlu lagi repot mengaturnya secara manual sebelum mengirim foto. Sebab, WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk mengatur setting kirim foto HD secara default.

Fitur baru tersebut adalah pengaturan di menu "Storage and Data". Berdasarkan informasi yang dibagikan WABetaInfo, website yang kerap membocorkan fitur baru WA, fitur ini muncul di WhatsApp Beta versi 2.24.5.6.

Baca juga: 7 Tanda Akun WhatsApp Anda Dibajak, Cara Mengatasi, dan Tips Menghindarinya

Selama ini, menu "Storage and Data", berisi beberapa opsi, seperti "Kelola penyimpanan", "Penggunaan jaringan", "unduh otomatis media", dan sebagainya.

Nah, nantinya, akan ada opsi "media upload quality" (kualitas unggah media) yang akan memiliki dua pilihan, yakni kirim gambar dengan kualitas "standar" (720 x 1280) atau "HD quality" (2160 x 3840).

Ilustrasi fitur kirim foto HD defaultGizchina Ilustrasi fitur kirim foto HD default

Setelah memilih salah satu di antara opsi tersebut, maka pengiriman file media, termasuk foto dan video, akan otomatis menyesuaikan.

Misalnya, pengguna memilih opsi "HD quality", maka nantinya, secara default, file media yang terkirim akan berkualitas HD. Jadi, pengguna tak perlu lagi mengeklik ikon "HD" secara manual sebelum kirim gambar, seperti saat ini.

Baca juga: WhatsApp Rilis Format Teks Baru, Bisa Bikin Daftar Poin, Nomor, dan Kutipan

Kemunculan fitur ini disebut sebagai upaya WhatsApp meningkatkan pengalaman pengguna yang dominan lebih suka mengirim berbagai foto dengan kualitas HD, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Selasa (27/2/2024).

Seperti disebutkan di awal, fitur ini masih dalam tahap pengembangan. WABetaInfo belum memberikan kisi-kisi, kapan fitur ini akan dirilis untuk pengguna lebih luas.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a.  Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com