Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Janjikan Fitur AI Generatif di Reno 11F 5G

Kompas.com - 27/02/2024, 15:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 11F 5G resmi diboyong ke Indonesia pada 16 Februari 2024. Kehadiran ponsel ini melengkapi rangkaian Oppo Reno 11 series yang sudah dirilis di Indonesia sebelumnya, yakni Oppo Reno 11 5G “reguler” dan Reno 11 Pro 5G.

Setelah dirilis secara resmi, Oppo menjanjikan Reno 11F 5G akan mendapatkan pembaruan (update) fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yakni AI generatif.

Bukan hanya Reno 11F 5G, "saudaranya" juga akan kebagian update AI generatif. Oppo menjanjikan update ini akan digulirkan pada kuartal kedua tahun ini.

“Rencananya, pada kuartal kedua 2024, Oppo akan meluncurkan peningkatan sistem operasi dan menambah serangkaian fitur AI generatif ke lini Reno 11 5G series secara global," ungkap Oppo Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Unboxing Oppo Reno 11 F 5G, HP Dimensity 7050 Harga Rp 4 Jutaan

Oppo mengatakan, update generatif AI ini merupakan dedikasi Oppo dalam pengembangan fitur yang meningkatkan aksesibilitas teknologi AI untuk konsumen yang ada di seluruh dunia.

Deretan fitur AI Oppo

Bila sesuai rencana, Oppo Reno 11 5G series akan mendapat pembaruan generatif AI sekitar awal April hingga akhir Juni 2024. Oppo juga mengumbar beberapa fitur yang akan dihadirkan, salah satunya Oppo AI Eraser.

Tidak dijelaskan peran dan fungsi dari fitur AI ini. Namun, merujuk pada namanya, kemungkinan fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pengguna mengedit gambar, menghapus objek tertentu, dengan lebih mudah.

Oppo juga memiliki fitur berbasis AI lain, seperti Smart Touch dan Smart Image Matting. Untuk fitur Smart Touch, pengguna dapat menyalin berbagai teks yang ada di dalam gambar dengan bantuan teknologi AI.

Fitur Smart Touch di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.Kompas.com/BILL CLINTEN Fitur Smart Touch di Oppo Reno 11 Series 5G yang sudah pakai ColorOS 14.

Fitur ini dapat diakses dengan melakukan tangkapan gambar (screenshot) sebuah informasi. Pengguna dapat memilih menu “Exact content” untuk mengidentifikasi seluruh konten yang dapat disalin dalam gambar, termasuk teks. Teks yang disalin bisa ditempelken ke aplikasi lain sehingga tak perlu repot mengetik ulang teks secara manual.

Ilustrasi fitur Oppo bertenaga AI yang diberi nama Smart Image MattingOppo Indonesia Ilustrasi fitur Oppo bertenaga AI yang diberi nama Smart Image Matting

Semetara itu, Smart Image Matting menjadi fitur yang memungkinkan pengguna menyalin dan menempel (copy and paste) sebuah objek secara spesifik dari sebuah gambar.

Dengan tekan dan tahan objek di gambar, sistem AI akan mendeteksinya dengan memberi animasi garis disekitar gambar objek. Gambar tersebut bisa di-copy dan dipindah menjadi satu file gambar yang baru tanpa latar belakang (backgrounds).

Baca juga: 4 Fitur Unggulan Oppo A79 5G, Layar Lebih Cerah dan Ada RAM Expansion

Harga Oppo Reno 11F 5G di Indonesia

Oppo Reno 11F 5G dibanderol seharga Rp 4.599.000 varian 8/256 GB di Tanah Air. Pembelian smartphone sudah dapat dilakukan di gerai Oppo Store, situs resmi Oppo, ataupun marketplace rekanan Oppo di Indonesia.

Spesifikasi Reno 11F 5G selengkapnya bisa disimak di artikel "Spesifikasi dan harga Oppo Reno 11F 5G di Indonesia".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com