Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing Oppo Reno 11 F 5G, HP Dimensity 7050 Harga Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 24/02/2024, 19:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno 11F 5G resmi meluncur di Indonesia. Ponsel ini menjadi pelengkap seri Oppo Reno 11 yang sudah lebih dulu dirilis di Tanah Air.

Oppo Reno 11F dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibanding "saudaranya", Reno 11. Harga Oppo Reno 11F adalah Rp 4,6 juta untuk RAM 8 GB dan penyimpanan media 256 GB.

Sementara Oppo Reno 11 dibanderol Rp 6 juta untuk kapasitas memori yang sama. Selisihnya duo ponsel bertenaga chipset Dimensity 7050 adalah sekitar Rp 1,4 juta.

Baca juga: Beda Oppo Reno 11 dan Reno 11F 5G Versi Indonesia, Selisih Harga Rp 1,4 Juta

KompasTekno berkesempatan menjajal Oppo Reno 11F 5G versi retail Indonesia lebih dulu sebelum ponsel ini sampai ke tangan konsumen di Tanah Air.

Ponsel ini dipasarkan dalam tiga warna, yakni Ocean Blue, Coral Purple dan Palm Green. KompasTekno berkesempatan menggenggam Oppo Reno 11F warna Coral Purple dan Palm Green.

Lantas, seperti apa penampilan ponsel kelas menengah terbaru Oppo ini dan apa saja aksesori yang ada di dalam kemasan penjualannya? Ikuti penelusuran singkatnya berikut ini.

Unboxing Oppo Reno 11F 5G

Isi kotak penjualan Oppo Reno 11F 5G di Indonesia termasuk komplet, terdiri dari satu unit Oppo Reno 11 F 5G (varian Palm Green), adapter charger 67 watt, kabel USB-A to USB-C, softcase, sim ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak penjualan Oppo Reno 11F 5G di Indonesia termasuk komplet, terdiri dari satu unit Oppo Reno 11 F 5G (varian Palm Green), adapter charger 67 watt, kabel USB-A to USB-C, softcase, sim ejector tool, panduan penggunaan, dan kartu garansi.
Oppo Reno 11 F 5G datang dengan kotak kemasan khas Oppo, berwarna abu-abu muda. Di kotak bagian depan, tertulis nama lengkap model "Oppo Reno 11F 5G". Ada pula hiasan angka 11 dengan latar belakang hologram.

Ketika dibuka, pengguna akan langsung melihat unit Oppo Reno 11F 5G. Di dalam kotak kemasan juga sudah tersedia aksesori pendukung yang lengkap meliputi adapter charger 67 watt, kabel USB-A to USB-C, softcase, serta SIM ejector tool. Ada juga kertas petunjuk penggunaan dan kartu garansi.

Video unboxing Oppo Reno 11F 5G bisa disimak melalui video di bawah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Bodi compact dan ringan

Oppo Reno 11F 5G resmi meluncur di Indonesia, Jumat (16/2/2024).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Reno 11F 5G resmi meluncur di Indonesia, Jumat (16/2/2024).
Oppo membekali Reno 11 F 5G dengan bingkai datar (flat frame) yang ujung-ujungnya melengkung. Bodi ponsel ini terasa compact dan nyaman digenggam dengan satu tangan.

Oppo Reno 11F 5G juga terasa ringan saat dibawa. Ketika disimpan di saku jaket atau celana juga nyaman karena bodinya yang cukup tipis.

Di atas kertas, Oppo Reno 11F memiliki dimensi panjang 161,6 mm, lebar 74,7 mm, ketebalan 7,54 mm dengan bobot sekitar 177 gram.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan HP Oppo Reno 11F 5G, Isi Baterai Cepat dan Sinyal Kuat

Beralih ke bagian bodi belakang, ponsel ini memiliki punggung dengan finishing matte. Ketika diusap, punggung Oppo Reno 11F 5G ini terasa halus dan masih cukup licin sehingga ponsel rawan terlepas dari genggaman tangan. Untuk menyiasatinya, pengguna bisa melapisi ponsel ini dengan softcase bawaan.

Di samping itu, cangkang dengan teknologi Oppo Glow Design juga membuat bodi ponsel dapat berkilau saat terkena sinar matahari.

Untuk Oppo Reno 11F warna Palm Green, punggung ponsel akan menampilkan gradasi biru tosca hingga hijau gelap dengan akses glitter.

Sementara varian Coral Purple akan menampilkan punggung berwarna ungu muda dengan motif seperti bunga-bunga dengan aksen riak (ombak kecil).

Di Indonesia, Oppo Reno 11F 5G juga dipasarkan dalam warna Ocean Blue. Warna ini terlihat memadukan warna biru laut dengan riak berwarna putih keunguan.

Layar 120 Hz, bezel tipis

Tampilan belakang dan depan Oppo Reno 11F 5G versi retail Indonesia.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan belakang dan depan Oppo Reno 11F 5G versi retail Indonesia.
Untuk spesifikasi layar, Oppo Reno 11F mengusung panel AMOLED 6,7 inci. Layar ini mendukung resolusi 120 Hz, membuat scrolling dan buka-tutup aplikasi menjadi mulus.

Layar Reno 11 F memiliki resolusi Full HD Plus, kecerahan maksimum 1.100 nits, HDR 10+. Layarnya turut dilapisi dengan kaca pelindung Panda Glass.

Layar Oppo Reno 11F terlihat cukup luas dengan rasio layar ke bodi ponsel ini mencapai 89,8 persen.

Di sisi tengah atas layar, ada sebuah punch hole yang menampung kamera selfie 32 MP. Untuk kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera ultrawide 8 MP (bidang pandang 112 derajat, f/2.2), dan kamera makro 2 MP.

Kamera depan dan kamera utama Oppo Reno 11F sudah mendukung perekaman resolusi tinggi 4K dengan frame rate 30 fps. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil video dengan lebih tajam.

Baca juga: Oppo A79 5G Rilis di Indonesia, Layar Lebih Besar Harga Rp 3 Jutaan

Oppo Reno 11F ini ditenagai chipset MediaTek Dimensity 7050, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB. Pengguna bisa memperluas penyimpanan memakai kartu microSD hingga 2 TB.

Fitur unggulan lain yang dibawa Oppo Reno 11F adalah LinkBoost untuk memperkuat sinyal.

Oppo menyebut, LinkBoost dapat mencapai transmisi sinyal 100 persen lebih tinggi dan penerimaan sinyal 58,5 persen lebih kuat dibandingkan ponsel lain.

LinkBoost menggabungkan pemilihan jaringan AI dan desain 360 derajat antena surround untuk sinyal stabil dengan downtime minimum.

Menurut Oppo, dengan LinkBoost, sinyal Reno 11F lebih baik ketika pengguna berada di dalam kendaraan, di konser atau stadion yang ramai, atau saat berada di lantai bawah tanah (basement).

Sebagai ponsel kelas menengah, Oppo Reno 11F 5G sudah dilengkapi fitur tahan debu dan cipratan air dengan rating IP65.

Oppo Reno 11F dibekali baterai 5.000 mAh. Pengisian ulang baterainya bisa dilakukan melalui port USB-C. Oppo Reno 11F dibekali teknologi fast charging 67 watt. Menurut Oppo, dukungan itu bisa membuat baterai ponsel terisi 30 persen dalam 10 menit atau terisi penuh dalam 48 menit.

Tak ada jack audio 3,5 mm

Di sisi bawah terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer file, serta grill speaker.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Di sisi bawah terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer file, serta grill speaker.
Lanjut membahas tombol dan port. Sisi ata ponsel terlihat polos, sedangkan bawah bodi Reno 11 F 5G terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data dan sebuah grill speaker.

Oppo konsisten menghilangkan audio jack 3,5 mm dari lini HP Reno series, termasuk di Oppo Reno 11F.

Dengan begitu, pengguna yang terbiasa memakai headset berkabel harus membeli sendiri adapter headphone jack 3,5mm ke USB-C. Atau beralih menggunakan headset wireless.

Untuk sisi kanan, terdapat tombol daya (power on/off) dan tombol volume. Sementara sisi kiri ada laci kartu SIM.

Untuk laci kartu SIM, ponsel ini mendukung dual-SIM nano stand-by. Artinya, pengguna bisa menggunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dengan kartu microSD.

Oppo Reno 11 F 5G dibekali slot dual SIM nano stand-by yang mana salah satunya bisa digunakan untuk slot microSD.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Reno 11 F 5G dibekali slot dual SIM nano stand-by yang mana salah satunya bisa digunakan untuk slot microSD.
Fitur lain Reno 11F 5G

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 14 dan dilapisi antarmuka (UI) ColorOS 14.

Oppo Reno 11 F juga dilengkapi fitur NFC, konektivitas 5G, ketahanan terhadap debu dan percikan air dengan rating IP65, Clear Voice Mode untuk mereduksi suara sekitar saat bertelepon, serta Ultra-Volume Mode untuk meningkatkan volume sampai 300 persen.

Bila tertarik membeli, simak terlebih dahulu tabel spesifikasi Oppo Reno 11F 5G di Indonesia.

  Spesifikasi Reno 11
Layar AMOLED 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, kecerahan maksimum 1.100 nits, HDR 10+, dan refresh rate 120 Hz, kaca pelindung Panda Glass
Dimensi dan bobot 161,6 x 74,7 x 7,54 mm
177 gram
System-on-Chip MediaTek Dimensity 7050 (6nm)
CPU: Octa-core (2x2.6 GHz Cortex-A78 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G68 MC4
RAM/storage RAM: 8 GB
Storage: 256 GB
Kamera belakang Kamera utama 64MP (Sensor OV64B)
Kamera ultra wide 8MP (sensor IMX355)
Kamera makro 2 MP (sensor OV02B10)
Kamera depan 32 MP (sensor Sony IMX615)
Sistem operasi Android 14 dilapisi ColorOS 14 (2 tahun upgrade OS, 4 tahun security update sampai 2027)
Koneksi 5G Ada
Baterai 5.000 mAh, fast charging 67 watt
Fitur lain NFC, pemindai sidik jari di bawah layar, Linkboost untuk perkuat sinyal, IP65 Rating, untuk mereduksi suara sekitar saat bertelepon, serta Ultra-Volume Mode untuk meningkatkan volume sampai 300 persen
Warna Ocean Blue (Biru laut), Coral Purple (Ungu Koral), Palm Green (Hijau Palem).
Harga Oppo Reno 11F  4.599.000 (8/256 GB)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com