Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MediaTek Pamer "Ambient Computing" Berbasis AI untuk Efisiensi Kinerja Perangkat

Kompas.com - 28/02/2024, 16:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi MediaTek memamerkan berbagai produk dan konsep di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024, Senin (26/2/2024).

Salah satu konsep teknologi yang dipamerkan adalah komputasi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif, yakni Ambient Computing.

Ambient Computing merupakan konsep di mana teknologi terintegrasi dengan lingkungan dan kehidupan pengguna secara mulus (seamless).

Dengan teknologi ini, pengguna bisa menjalankan aplikasi yang berat di perangkatnya, dengan mendistribusikan bobot tersebut ke berbagai perangkat yang dimiliki. Hal ini disebut mirip seperti mekanisme bermain game berbasis awan (cloud).

"Sebagai contoh, ketika menggunakan kacamata pintar (smart glasses) dan smartphone, kita bisa memanfaatkan daya komputasi smartphone tersebut agar smart glasses dapat menjalankan aplikasi berat dengan resolusi yang tinggi," kata Nicole Li, Marketing Communications MediaTek kepada Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy, jurnalis KompasTekno yang meliput langsung gelaran MWC 2024 di Barcelona, Selasa (27/2/2023).

Tak hanya dibatasi pada perangkat pengguna, integrasi ini juga bisa dilakukan dengan server menara base station.

Baca juga: Menjajal Kebolehan Chipset MediaTek Dimensity 9300, Bisa Bikin Video AI Real-time Tanpa Internet

Menara itu tidak hanya digunakan operator seluler untuk menjual konektivitas internet, tetapi kini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya komputasi. Dengan kata lain, ini menjadi cara terbaru bagi operator untuk mencari "cuan".

Dalam demo singkat yang ditunjukkan di booth MediaTek, simulasi teknologi ini menggunakan satu tablet, satu smartphone, satu tablet, jaringan 5G mini, dan server.

Ketika menjalankan suatu aplikasi di tablet, tentu semua pemrosesan termasuk CPU bakal dilakukan di dalam perangkat tersebut. Jika kedua perangkat lainnya dihubungkan menggunakan Wi-Fi, sumber daya ini bisa dibagi agar tablet utama itu tidak kewalahan.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini, yang mana satu tablet harus memproses lima model tiga dimensi (3D) sekaligus.

Tampilan tablet saat memproses seluruh model tiga dimensiKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan tablet saat memproses seluruh model tiga dimensi
Ketika dihubungkan dengan perangkat lainnya, tablet tersebut memproses satu model, smartphone memproses dua model, dan laptop memproses dua model.

Tampilan tablet setelah daya pemrosesan itu didistribusikan ke perangkat lainKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan tablet setelah daya pemrosesan itu didistribusikan ke perangkat lain
Distribusi ini bisa berubah dari waktu ke waktu, misalnya tablet memproses tiga model sedangkan smartphone memproses dua model. Hal ini dimungkinkan karena sistem yang secara dinamis mengecek perangkat apa yang bisa terhubung dan yang tidak.

Yang menjadi catatan, tidak semua perangkat bisa bergabung untuk berbagi tugas. Sebab, berbagai perangkat bisa saja memiliki kapasitas memori kecil dan CPU yang lebih kecil, sedangkan komputasi membutuhkan daya yang tinggi.

Baca juga: MediaTek Bikin Mobil Lebih Pintar dan Penuh Hiburan

Pamerkan Kompanio

MediaTek pamerkan Kompanio di MWC 2024.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy MediaTek pamerkan Kompanio di MWC 2024.
MediaTek juga memamerkan produk Kompanio di ajang MWC 2024. MediaTek Kompanio merupakan chip yang dirancang untuk perangkat Chromebook, dengan memenuhi kebutuhan belajar mengajar, bisnis, streaming, konferensi video, dan lain sebagainya.

Chromebook membebaskan pengguna dari batasan komputasi mobile pada umumnya. Sebab, Chromebook memanfaatkan campuran antara layanan awan (cloud) dan perangkat itu sendiri.

Fitur unggulannya, Chromebook dengan chipset MediaTek diklaim memiliki aplikasi yang sangat responsif, sehingga mempermudah multi tasking. Chip juga mendukung layar resolusi Full HD hingga 4K, dengan kamera resolusi tinggi, serta Wi-Fi dan Bluetooth teranyar.

Kompanio juga dirancang agar hemat baterai tetapi masih mempertahankan performanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com