Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Bikin Boros Baterai Smartphone

Kompas.com - 03/03/2024, 09:05 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Baterai smartphone yang cepat habis biasanya sering dialami pengguna. Hal ini tentu membuat tak nyaman karena mengurangi produktivitas saat menggunakannya untuk sehari-hari.   

Salah satu penyebab baterai boros dikarenakan penurunan performa baterai yang telah usang atau kerusakaan pada hardware tertentu.

Namun baterai yang boros tak hanya dikarenakan kerusakan pada hardware, dan bisa jadi dikarenakan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang tanpa disadari mempengaruhi performa baterai HP.

Lantas kebiasaan-kebiasaan apa saja yang membuat boros baterai smartphone? Selengkapnya berikut KompasTekno menguraikannya.

Baca juga: 10 Cara Menghemat Baterai HP agar Tak Cepat Habis saat Liburan Akhir Tahun

Menerapkan kecerahan layar yang terlalu terang

Menampilkan gambar dengan kecerahan tinggi, GPU (Graphic Processing Unit) harus bekerja lebih keras. Proses ini membutuhkan lebih banyak daya, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan konsumsi baterai.

Terlalu mengandalkan penggunaan data internet

Dalam beberapa situasi, menggunakan paket data interent seluler dapat membuat baterai cepat habis dibandingkan dengan menggunakan Wi-Fi.

Ini karena ponsel Anda akan terus mencari dan berganti antar menara seluler untuk memberikan koneksi yang baik. Apabila Anda terhubung ke Wi-Fi yang kuat, ponsel Anda akan menggunakan lebih sedikit daya untuk mencari koneksi, dan ini bisa membuat baterai bertahan lebih lama.

Namun sebaliknya, apabila jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan lemah, sebaiknya tetap memprioritaskan menggunakan data seluler Anda. Sebagai tips, sebaiknya prioritaskan koneksi yang paling kuat untuk membantu baterai bertahan lebih lama.

Membiarkan fitur Bluetooth menyala meskipun tidak digunakan

Jaringan Bluetooth umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel. Misalnya saja setelah menggunakan True Wireless Stereo (TWS) Anda lupa menonaktifkan Bluetooth, kebiasaan inilah yang membuat baterai cepat habis karena menguras daya karena Bluetooth.

Membiarkan Wi-Fi terus menyala

Selain membiarkan Bluetooth menyala dan tidak digunakan, fitur Wi-Fi yang tidak sengaja menyala terus juga dapat menguras daya baterai. Maka dari itu, sebaiknya matikan WiFi apabila sudah tidak digunakan.

Menggunakan cas yang rusak

Cek lebih teliti pengisi daya ponsel Anda. Apabila Anda merasa kabel cas maupun adaptor mengalami eror atau  terdapat sesuatu yang tidak beres, maka hal ini membahayakan performa baterai ponsel Anda. Selain itu usahakan untuk menggunakan pengisi daya asli dari produsen terpercaya ponsel Anda.

Menyalakan jaringan seluler meskipun koneksi buruk

Apabila Anda berada di tempat dengan sinyal ponsel yang kurang bagus, baterai ponsel bisa habis dengan cepat. Ini karena ponsel Anda jadi terus-menerus mencoba cari sinyal, biasanya terjadi di tempat-tempat terpencil atau daerah pegunungan.

Agar baterai tahan lebih lama, Anda bisa mematikan fitur data seluler ketika berada di daerah yang sinyalnya lemah atau bahkan tidak ada sama sekali.

Membiarkan perangkat overheat

Intensitas penggunaan ponsel di luar ruangan dengan cuaca panas menjadi salah satu penyebab perangkat overheat. Overheating dapat memicu proses latar belakang yang lebih intens, seperti pembaruan atau sinkronisasi data yang memerlukan daya lebih besar. Maka dari itu usahakan tetap menjaga suhu ponsel meskipun sedang di luar ruangan.

Tidak memperbarui sistem operasi ponsel

Baterai ponsel bisa cepat habis juga karena sistem operasinya sudah lama tidak diperbarui. Terkadang memperbarui perangkat lunak bisa membantu baterai bertahan lebih lama dengan membuat perangkat Anda lebih canggih dalam menggunakan daya.

Baca juga: Pembaruan Genshin Impact Versi 1.1 Bawa Karakter dan Quest Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com