Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Smartphone Terbaik MWC Barcelona 2024

Kompas.com - 04/03/2024, 08:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Ponsel Google Pixel 8 series dinobatkan sebagai smartphone terbaik alias Best Smartphone dalam penghargaan Global Mobile Awards (GLOMO). Penghargaan ini merupakan bagian dari rangkaian ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Barcelona.

Penghargaan itu melibatkan aneka smartphone yang diluncurkan pada Januari - Desember 2023. Berdasarkan deskripsinya, penghargaan itu diberikan untuk smartphone dengan "kinerja, kepemimpinan dan inovasi yang luar biasa."

Menurut penilaian dewan juri, Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro lah yang berhak memenangkan penghargaan Glomo kali ini.

Baca juga: Google Pixel 8 Baru Meluncur, Bocoran Pixel 8a Sudah Beredar

Penobatan ini membuat Pixel 8 series unggul dari smartphone lain yang dirilis di tahun yang sama, termasuk iPhone 15 Pro series, Oppo FInd N3, Samsung Galaxy S23 hingga Galaxy Z Flip 5.

Sayangnya pihak MWC tidak membeberkan hasil analisisnya untuk penghargaan Glomo, lewat situs resmi mereka.

Ilustrasi menggunakan Pixel 8 Pro untuk membidik objek atau merekam gambarTech Crunch Ilustrasi menggunakan Pixel 8 Pro untuk membidik objek atau merekam gambar

Selain kategori smartphone terbaik, MWC juga memberikan berbagai penghargaan kategori lainnya yang masih terkait dengan kriteria "Device" alias perangkat. Beberapa kategori itu antara lain Breakthrough Device Innovation, Best Connected Consumer Device, hingga Best in Show.

Baca juga: Google Pecat 1.000-an Karyawan, Termasuk Tim Pixel

Kategori Best Connected Consumer Device, alias perangkat konsumen sehari-hari, dimenangkan oleh tablet Samsung Galaxy Tab S9 Ultra.

Perangkat dalam kategori ini dinilai menawarkan aplikasi, efisiensi, hingga fungsionalitas baru dan cerdas bagi pengguna, baik saat di rumah atau di luar rumah. Berikut rincian pemenang penghargaan Glomo terkait Device.

  • Best Smartphone: Google Pixel 8 Series
  • Breakthrough Device Innovation: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
  • Best Connected Consumer Device: Samsung Galaxy Tab S9 Ultra
  • Best in Show: Honor Magic V2 RSR Porsche Edition

Pakai chip Tensor G3

Google Pixel 8 series sendiri diluncurkan pada 4 Oktober 2023. Kedua model ini ditenagai chip terbaru bikinan Google sendiri, yaitu Tensor G3.

Baca juga: MWC 2024: Ookla Umumkan Telkomsel Operator Terbaik di Indonesia

Chip ini dirancang menggunakan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm). Chip Tensor G3 terdiri dari sembilan inti prosesor (CPU). Satu inti utamanya adalah Cortex-X3, empat inti dari Cortex-A715, dan empat lainnya adalah Cortex-A1510.

Chip ini ditemani RAM seluas 8 GB untuk varian reguler dan 12 GB untuk varian Pro. Pixel 8 dan Pixel 8 Pro sama-sama menawarkan kapasitas penyimpanan (storage) seluas 128 GB. Keduanya juga sudah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, sudah tahan terhadap debu dan air.

Tampilan punggung dari Pixel 8. Modul kamera varian reguler lebih sedikit dari Pixel 8 ProGSM Arena Tampilan punggung dari Pixel 8. Modul kamera varian reguler lebih sedikit dari Pixel 8 Pro

Khusus Pixel 8 Pro, perangkat ini bisa digunakan untuk mengecek suhu badan, layaknya sebuah termometer.

Baca juga: Google Pixel 8 Pro Bisa Jadi Termometer, Begini Cara Kerjanya

Cara kerja dari fitur ini akan memindai jari pengguna seperti memindai sebuah objek atau permukaan. Nantinya, sistem dalam perangkat akan mendeteksi berapa suhu tubuh seseorang.

Selain itu, fitur unggulan yang turut diperkenalkan adalah fitur pemindai wajah (face unlock). Tidak hanya dipakai sebagai sistem keamanan perangkat, pemindai wajah juga bisa dimanfaatkan untuk verifikasi pembayaran.

Selebihnya, Pixel 8 Pro memiliki layar LTPO OLED 6,7 inci, kamera utama 50 MP + ultrawide 48 MP + telefoto 48 MP, serta baterai 5.050 mAh.

Adapun Pixel 8 "reguler" tampil dengan layar LTPO OLED 6,2 inci, kamera utama 50 MP + ultrawide 12 MP dan baterai 4.575 mAh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com