Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ericsson Pamer Pemanfaatan Inovatif 5G untuk Perusahaan di MWC 2024

Kompas.com - 09/03/2024, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi jaringan 5G belakangan semakin berkembang dan menghadirkan banyak manfaat bagi konsumen dan perusaaan di seluruh dunia. Bisa dibilang begitu karena 5G memiliki kecepatan, kapasitas, serta proses transmisi data (latency) yang lebih rendah ketimbang teknologi jaringan sebelumnya.

Karena kapabilitas tersebut, teknologi 5G kini tak hanya dipakai untuk menghadirkan layanan seluler saja, melainkan juga dipakai untuk memaksimalkan potensi dan perkembangan bisnis di segala sektor industri.

Maraknya penggunaan 5G untuk aneka pemanfaatan (use case) di luar layanan seluler ini bisa dilihat melalui laporan terbaru Ericsson Mobility Report Business Review 2024 yang bisa dibaca di tautan berikut ini.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa 5G yang dibangun untuk jaringan internal perusaahaan (private network) bisa meningkatkan produktivitas suatu perusahaan, dan peningkatan produktivitas tersebut diklaim 20 persen lebih banyak dari teknologi WiFi.

Baca juga: Ericsson Mobility Report 2024 Ungkap Implementasi 5G Bisa Untungkan Bisnis

Ilustrasi booth Ericsson area Capture the value of 5G di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi booth Ericsson area Capture the value of 5G di MWC 2024 Barcelona.

Selain itu, 5G juga diklaim dapat mengurangi biaya belanja (modal) yang harus dikeluarkan perusahaan sekitar 15 persen apabila dibandingkan dengan teknologi WiFi atau jaringan biasa.

Laporan ini juga menyebut 5G bisa dipakai untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaan secara fleksibel, membuka potensi pendapatan dari perangkat Internet-of-Things (IoT), menciptakan sistem operasional pabrik yang mulus dan efisien, dan lain sebagainya.

Nah, dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Fira Gran Via, Barcelona, Spanyol pada 26-29 Februari lalu, Ericsson menghadirkan beragam area pameran untuk mendemonstrasikan aneka use case 5G bagi perusahaan alias enterprise.

Area-area demo tersebut, yang turut ditelusuri salah satu jurnalis KompasTekno, Bill Clinten, juga menampilkan bagaimana 5G bisa dimonetisasi suatu perusahaan, tentunya supaya teknologi tersebut memberikan keuntungan bagi perusahaan yang memakainya.

Setidaknya ada lima use case 5G untuk enterprise yang bisa dibilang cukup inovatif di gelaran MWC 2024 Barcelona. Apa saja?

5G for Live Broadcasting

Ilustrasi area demo 5G for media live production di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi area demo 5G for media live production di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.

5G for Live Broadcasting adalah pemanfaatan teknologi 5G untuk kebutuhan siaran langsung di TV atau platform video. Dengan 5G, kegiatan tayangan langsung tersebut bisa ditampilkan dalam kualitas tinggi, seperti kualitas 4K, tanpa adanya hambatan.

Pada ajang MWC 2024 Bacelona, pemanfaatan 5G ini didemonstrasikan dengan menampilkan beberapa layar TV yang menampilkan sejumlah area yang direkam secara langsung oleh beberapa alat perekam video di sejumlah titik booth Ericsson.

Hasilnya, tayangan yang ditampilkan terasa mulus, berkat kehadiran teknologi 5G yang memiliki kapasitas tinggi dan latensi rendah.

Nah, pemanfaatan 5G ini bisa dimonetisasi dengan kerja sama antara operator penyedia layanan komunikasi dan sejumlah perusahaan media. Dalam model bisnis ini, kedua perusahaan bisa saling mengambil keuntungan dari teknologi 5G.

Immersive Sports Fan Engagement

Ilustrasi area demo Immersive Sports fan engagement by Startup 5G di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi area demo Immersive Sports fan engagement by Startup 5G di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com