Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

X Rilis Fitur Articles, Bisa Menulis Twit Sepanjang Artikel Blog

Kompas.com - 12/03/2024, 10:10 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Platform media sosial berbasis teks X (dahulu Twitter) resmi merilis fitur Articles pekan ini. Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengguna menulis twit super panjang layaknya sebuah artikel di berbagai blog, situs web, atau media online.

Selain panjang, konten Articles juga akan memiliki tampilan unik. Sebab, twit berjenis Articles akan memiliki ikon dan layout twit yang berbeda dari postingan X "reguler".

Kemudian, teks yang ada di dalam postingan Articles ini juga bisa diformat alias diubah gayanya. Sehingga, pengguna bisa memakai teks miring, tebal, coret, teks yang menggunakan daftar bernomor, dan lain sebagainya.

Contoh konten Articles bisa dilihat dalam twit terbaru yang diunggah salah satu akun resmi X dengan handle @Write di tautan berikut ini. Twit tersebut juga dipakai untuk mengumumkan fitur Articles.

Nah, beda konten Articles lain dengan twit biasa adalah postingan berupa artikel tidak akan bisa dilihat isinya apabila disisipkan atau di-embed di suatu situs web.

Jika di-embed, maka X hanya akan menampilkan tautan (link) yang bisa diklik untuk menampilkan isi dari konten Articles tersebut, sebagaimana postingan dari akun resmi X yang kami embed di atas.

Baca juga: Posting Satu Video di X Twitter, YouTuber Dulang Duit Rp 4 Miliar

Di samping itu, konten Articles juga akan bisa disertai dengan aneka gambar dan video layaknya sebuah artikel yang tayang di berbagai situs web di internet, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari X.com, Selasa (12/3/2024). 

Lantas, bagaimana jika kita ingin membuat Articles di X? Pengguna yang tertarik bisa berlangganan fitur berbayar Premium Plus di X yang berbanderol Rp 180.000/bulan atau Rp 1.875.000/tahun.

Selain berlangganan, pengguna juga bisa menulis konten Articles apabila mereka merupakan akun organisasi yang terverifikasi alias Verified Organizations. Di X, akun seperti ini ditandai dengan ikon centang berwarna emas. 

Pihak X tak menyebut berapa maksimal kata yang bisa dimasukkan ke dalam postingan Articles.

Namun yang jelas, dengan fitur ini, pengguna kini bisa menulis sebuah artikel melalui media sosial X tanpa harus memiliki blog sendiri, asalkan mereka mau berlangganan layanan Premium Plus.

Baca juga: Harga Langganan Centang Emas X/Twitter Kini Lebih Murah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com