Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A35 5G Resmi Rilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kompas.com - 11/03/2024, 16:05 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi memperkenalkan smartphone seri-A terbarunya, yakni Samsung Galaxy A35 5G secara global, termasuk ke Indonesia pada Senin (11/3/2023). Smartphone lain yang juga turut dirilis adalah Samsung Galaxy A55 5G.

Baca juga: Samsung Galaxy A55 Resmi Meluncur, Chip Exynos 1480 Harga Rp 6 Jutaan

Walau datang dengan desain yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya, suksesor Samsung A34 5G ini membawa berbagai macam peningkatan dan penyegaran.

Fitur baru yang dimaksud adalah fitur keamanan kelas flagship, Samsung Knox Vault, peningkatan fitur Nightography, penstabil gambar dan video (OIS, VDIS), dan masih banyak lagi.

Samsung Knox Vault menjadi fitur keamanan yang debut pertama kali di smartphone dari Galaxy A-series. Fitur Knox Vault ini pun kerap disebut-sebut sebagai “fitur mahal” yang dihadirkan Samsung ke Galaxy A-series.

Sebab, Knox Vault sebelumnya hanya tersedia eksklusif untuk smartphone Samsung di seri-S dan seri-Z (ponsel lipat/foldable phones) saja. Kehadiran fitur Knox Vault pun diklaim membuat smartphone lebih aman dan terlindungi.

Menurut Head of B2B Innovation Lab Samsung Research Indonesia, Banu Afwan Pribadi, fitur Knox Vault juga ampuh menangkal potensi kebocoran data penting di smartphone.

“Samsung Knox Vault diibaratkan sebagai kotak yang berada di luar rumah, alias smartphone Anda. Ketika smartphone Anda bermasalah atau diretas, data penting Anda bakal tetap aman dari gangguan-gangguan tersebut,” ungkap Banu yang turut hadir dalam acara peluncuran di Jakarta, Senin (11/3/2024).

Fitur keamanan baru ini juga ditemani oleh rangkaian fitur keamanan lain, seperti Auto Blocker untuk memblokir instalasi aplikasi dari sumber yang tidak sah dan Private Sharing agar dapat berbagi data penting dengan lebih aman.

(kiri-kanan) MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indraman dan Head of B2B Innovation Lab Samsung Research Indonesia, Banu Afwan Pribadi dalam acara peluncuran Samsung Galaxy A55 dan A35 5G series yang berlangsung di Jakarta Pusat pada Senin (11/3/2024)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ilham Indraman dan Head of B2B Innovation Lab Samsung Research Indonesia, Banu Afwan Pribadi dalam acara peluncuran Samsung Galaxy A55 dan A35 5G series yang berlangsung di Jakarta Pusat pada Senin (11/3/2024)

Beralih ke fitur lain, Samsung A35 5G juga turut dilengkapi Optical Image Stabilization dan Video Digital Image Stabilization. Fitur fotografi ini juga belum ada di seri sebelumnya. Maka dari itu, kehadiran dua fitur kamera ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat ingin membuat konten.

Fitur kamera tadi juga ditemani dengan peningkatan fitur Nightography. Yang mana, peningkatan ini diklaim bisa meningkatkan kualitas foto di malam hari, dan bintik warna (noise) bisa lebih tersamarkan.

Fitur pendukung lainnya terdiri dari HDR 12-bit, AutoFocus, 4K Stabilization, dan Dual Camera. Dual Camera menjadi fitur cocok untuk vlogging karena mengaktifkan kamera depan dan kamera secara bersamaan.

Penyegaran lainnya datang dari aspek desain. Kini, Samsung A35 mengadopsi model “Key Island Design”. Desain yang membuat tombol daya dan pengeras suara di samping bodi lebih menonjol dari sisi lain.

Lalu, bagian punggung dan layar ponsel sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Frame bodinya juga tidak lagi menggunakan plastik, tetapi bahan metal.

Sejatinya, spesifikasi dan desain yang dibawa Samsung Galaxy A35 5G tidak jauh berbeda dengan "saudaranya", Galaxy A55 5G. Bahkan, tampilan dari kedua smartphone tampak identik. Namun, memang ada sedikit perbedaan, seperti resolusi kamera dan chipset-nya.

Baca juga: Video: Perbandingan Samsung Galaxy M34 dan M54, Selisih Harga Rp 2,5 Juta

Untuk lebih jelasnya simak spesifikasi lengkap Samsung Galaxy A35 5G berikut ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com