Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Tampang iPhone 16 Pro, Lebih Bongsor dan Punya Tombol Baru

Kompas.com - Diperbarui 13/03/2024, 09:45 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple diyakini akan mengumumkan lini smartphone iPhone 16 pada September 2024 mendatang. Meskipun belum diumumkan secara resmi, sudah ada berbagai bocoran terkait perangkat tersebut, termasuk tampilan iPhone 16 Pro.

Adapun bocoran tampang iPhone 16 Pro dibagikan oleh situs teknologi 91mobiles. Situs ini kerap membagikan bocoran yang mendekati atau bahkan tepat. 

Nah, tampang iPhone 16 Pro ini dibagikan dalam render file computer-aided design (CAD). File CAD ini biasanya merupakan gambar 3D aktual yang dibuat menyerupai bentuk nyatanya. Gambar render ini juga biasanya dikirim kepada pembuat aksesori smartphone.

Dari gambar render tersebut, iPhone 16 Pro tampak akan kembali memiliki Action Button yang dulu diperkenalkan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Action Button terletak di sebelah kiri perangkat, tepatnya di atas tombol volume.

Baca juga: Terungkap Tampang iPhone SE 4, Punya Poni dan Tanpa Tombol Home

 

Render bagian kiri iPhone 16 Pro diklaim tetap akan memiliki Action Button91mobiles Render bagian kiri iPhone 16 Pro diklaim tetap akan memiliki Action Button
Tombol ini sejatinya digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi tertentu. Perbedaannya, tombol ini diklaim memiliki ukuran yang sedikit besar dibanding versi iPhone 15 Pro.

Kendati begitu, tidak dijelaskan ukuran Action Button itu. Yang pasti, beberapa pengguna di internet memang mengeluhkan ukuran Action Button yang kecil.

Selain Action Button, Apple dirumorkan akan menambah tombol baru yang bersifat capacitive alias diaktifkan dengan sentuhan.

Render bagian kanan iPhone 16 Pro. Smartphone diklaim akan memiliki tombol baru bernama Capture Button91mobiles Render bagian kanan iPhone 16 Pro. Smartphone diklaim akan memiliki tombol baru bernama Capture Button
Tombol yang konon bernama Capture Button ini diklaim digunakan sebagai pintasan untuk mengambil foto atau video, mengatur fokus atau level zoom, dan lain sebagainya.

Tombol berbentuk oval panjang ini konon bakal ditempatkan di bagian kanan perangkat, di bawah tombol daya iPhone 16 Pro.

Di luar urusan tombol, bocoran yang ada mengeklaim bahwa iPhone 16 Pro akan memiliki ukuran yang lebih "bongsor" daripada iPhone 15 Pro.

iPhone 16 Pro diklaim memiliki dimensi 149,6 mm x 71,4 mm x 8,4 mm dengan layar 6,3 inci. Hal ini lebih tinggi, lebar, dan tebal ketimbang iPhone 15 Pro, yang memiliki dimensi 146,6 mm x 70,6 mm x 8,25 mm.

Peningkatan iPhone 16 Pro lainnya yang dirumorkan mencakup kamera ultra wide 48 MP (meningkat dari 12 MP di iPhone 15 Pro) varian warna yang baru, kamera telefoto tetraprism 5x, dan kapasitas baterai yang lebih besar 3.355 mAh (meningkat dari 3.290 mAh).

Meski menghadirkan banyak perbedaan, terdapat juga fitur-fitur yang dipertahankan, misalnya saja desain punggung dan layar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 91mobiles, Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Ada Lampu Hijau dan Oranye di iPhone, Apa Artinya?

 

Render bagian depan dan belakang iPhone 16 Pro91mobiles Render bagian depan dan belakang iPhone 16 Pro
Bagian kamera belakang iPhone 16 Pro dilaporkan masih melanjutkan bahasa desain milik iPhone 11 Pro keluaran 2019. Ponsel ini memiliki tiga sensor kamera yang disusun secara zig-zag, modul LiDAR, mikrofon, dan sebuah lampu LED flash.

Kemudian, bagian layar iPhone 16 Pro konon masih dihias dengan poni dinamis Dynamic Island. Poni berbentuk kapsul ini ukurannya bisa berubah-ubah mengikuti widget aplikasi yang berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com