Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengganti Password WiFi MNC Play dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 13/03/2024, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar untuk mengoperasikan WiFi internet dari operator MNC Play yang perlu diketahui pengguna. Salah satu panduan itu seperti cara ganti password WiFi MNC Play.

Cara mengganti password WiFi MNC Play bakal berguna untuk pengguna atau pelanggan. Pasalnya, cara tersebut dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang menyangkut pengoperasian WiFi MNC Play.

Baca juga: Cara Ganti Password WiFi IndiHome dengan Mudah dan Praktis

Lantaran bakal berguna, lantas bagaimana cara mengganti password WiFi MNC Play? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara ganti password WiFi MNC Play dengan mudah dan praktis.

Cara mengganti password WiFi MNC Play

Cara mengganti password WiFi MNC Play itu sejatinya cukup mudah. Untuk menggantinya, pengguna bisa mengunjungi halaman pengaturan perangkat router dari WiFi MNC Play melalui browser di HP atau laptop.

Namun, untuk mengakses halaman tersebut, pengguna perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, pengguna perlu menyiapkan alamat IP dari halaman pengaturan router WiFi MNC Play.

Adapun alamat IP dari router WiFi MNC Play biasanya adalah “192.168.1.1” (tanpa tanda kutip). Selain alamat IP, pengguna juga perlu menyiapkan username dan password dari halaman pengaturan router WiFi MNC Play.

Dikutip dari laman resmi MNC Play, username dan password dari halaman pengaturan router WiFi MNC Play biasanya terdiri dari, username: playmedia dan password: pl4ym3d14.

Setelah mempersiapkan semua informasi tersebut, berikut adalah cara ganti password WiFi MNC Play:

  • Buka browser, lalu ketik dan kunjungi alamat IP router MNC Play, yakni “192.168.1.1” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah halaman pengaturan router terbuka, masukkan kombinasi username dan password untuknya, yakni username: playmedia dan password: pl4ym3d14.
  • Setelah berhasil login halaman pengaturan router MNC Play, bakal terdapat beberapa menu pengaturan perangkat router.
  • Untuk ganti password WiFi, cari dan buka menu pengaturan bertajuk “Network”.
  • Kemudian, klik pilih opsi pengaturan “WLAN” dan “Security”.
  • Setelah itu, cari kolom bertajuk “WPA Passphrase” atau “WPA Key”. Untuk diketahui, kolom tersebut merupakan kolom untuk mengatur password WiFi MNC Play.
  • Setelah ketemu, ubah password WiFi di kolom tersebut dengan kombinasi yang baru.
  • Setelah menggantinya, silakan klik opsi “Apply” atau “Save” dan password WiFi MNC Play kini berhasil diganti dengan kombinasi yang baru.

Cukup mudah bukan cara mengganti password WiFi MNC Play? Melalui cara di atas, pengguna bisa mengganti password WiFi MNC Play dengan mudah dan praktis, yang berguna untuk mengatasi berbagai persoalan.

Baca juga: Cara Ganti Password WiFi First Media, Mudah dan Praktis

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara ganti password WiFi MNC Play. Sebagai informasi tambahan, ganti password WiFi memiliki beberapa fungsi penting. Lantas, kenapa harus ganti password WiFi?

Fungsi ganti password WiFi

Terdapat beberapa fungsi ganti password WiFi yang perlu diketahui pengguna. Pertama, fungsi ganti password WiFi adalah untuk mengatasi masalah lupa password WiFi.

Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap perangkat WiFi atau router selalu dilindungi dengan password atau kata sandi. Password itu dibutuhkan supaya pengguna dapat mengakses jaringan WiFi untuk internetan.

Password WiFi biasanya dibuat sendiri oleh pengguna. Idealnya, pengguna akan mengingat password WiFi buatannya sendiri. Meski demikian, lupa password WiFi tetap bisa terjadi, entah karena kombinasinya terlalu sulit atau jarang memasukkannya lagi di perangkat.

Jika lupa, pengguna bisa mengganti password pada perangkat router atau WiFi. Selain itu, fungsi ganti password WiFi adalah untuk mencegah akses oleh perangkat asing atau perangkat tak dikenal.

Perangkat WiFi atau router bisa saja diakses oleh perangkat asing karena kata sandinya diketahui pengguna lain. Saat banyak perangkat yang terhubung ke WiFi, kecepatan internetnya dapat melambat.

Baca juga: 15 Cara Mengatasi WiFI Lemot di HP dengan Mudah dan Praktis

Oleh karena itu, untuk mencegah akses oleh perangkat asing, pengguna dapat mengganti password WiFi dengan kombinasi yang lebih susah. Itulah beberapa fungsi ganti password WiFi yang perlu diketahui.

Untuk diketahui pula, cara mengganti password WiFi itu bisa berbeda-beda bergantung model router dan operator yang digunakan. Untuk mengganti password WiFi MNC Play, penjelasan caranya bisa dibaca di atas.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com