Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenfone 11 Ultra Meluncur, Layar Lebih Besar dan Punya Tiga Kamera Belakang

Kompas.com - 15/03/2024, 09:03 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Asus memperkenalkan ponsel seri Zenfone terbarunya, yakni Asus Zenfone 11 Ultra secara global pada Kamis (14/3/2024). Ponsel ini datang dengan tiga kamera belakang dan bodi lebih bongsor daripada seri Zenfone lainnya.

Ini adalah pertama kalinya Asus menyematkan tiga kamera belakang di ponsel buatannya sejak 2021.

Pendahulunya, yakni Zenfone 10 dan Zenfone 9 datang dengan bodi yang lebih ringkas. Keduanya dilengkapi dua kamera belakang yang cukup besar dan dibenamkan langsung ke punggung, tanpa ada modul/bilah penampang,

Nah, Asus Zenfone 11 Ultra ini datang dengan tiga kamera belakang yang posisikan menyerupai huruf “L” terbalik. Konfigurasi kameranya terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX890 dan penstabil milik Asus, Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 dengan 6-axis.

Tampulan kamera belakang Asus Zenfone 11 UltraAsus Tampulan kamera belakang Asus Zenfone 11 Ultra

Adapun dua kamera lainnya adalah ultrawide 13 MP (f/2.2) dan kamera telefoto 32 MP dengan kemampuan zoom optik hingga 3x.

Ketiga kamera juga dibenamkan ke sebuah modul persegi panjang yang cukup menonjol sehingga bodinya terlihat lebih tebal.

Jadi, secara keseluruhan, Asus Zenfone 11 Ultra membawa desain yang cukup serupa dengan ROG Phone 8.

Baca juga: Asus Rilis ROG Swift PG32UCDM, Monitor Gaming QD-OLED 32 Inci

Sama-sama memiliki bodi lebih besar dan desain modul kamera belakangnya mirip. Hanya saja, Zenfone 11 Ultra tidak dilengkapi hiasan lampu RGB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (15/3/2024), pertimbangan Zenfone 11 Ultra datang dengan sejumlah perubahan desain kemungkinan karena ingin menyasar target konsumen yang lebih luas dan mainstream.

“Zenfone 10 baru saja dirlis pertengahan tahun kemarin dan penjualannya masih berlanjut hingga sekarang. Akan tetapi, untuk saat ini, kami tidak memberikan komentar lebih lanjut. Peluncuran ini (smartphone terbarunya) hanya befokus pada Zenfone 11 Ultra yang memiliki ukuran besar,” ungkap Global Director Asus Chih-Hao Kung.

Selain membawa penyegaran dari desain, Asus Zenfone 11 Ultra juga chipset baru sehingga performa dan kinerjanya diklaim mengalami peningkatan, sejumlah fitur berteknologi AI (Artificial Intelligence), dan sebagainya. Lebih jelasnya, simak spesifikasi HP di bawah ini.

Spesifikasi Asus Zenfone 11 Ultra

Tampilan layar depan dan belakang Asus Zenfone 11 Ultra. Ponsel juga datang dengan empat varian warna, yang terdiri dari Skyline Blue, Eternal Black, Misty Gren, dan Desert SandAsus Tampilan layar depan dan belakang Asus Zenfone 11 Ultra. Ponsel juga datang dengan empat varian warna, yang terdiri dari Skyline Blue, Eternal Black, Misty Gren, dan Desert Sand

Asus Zenfone 11 Ultra dilengkapi panel layar LTPE AMOLED berukuran 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus. Layar ini memiliki angka refresh rate 144 Hz, tingkat kecerahan 2.500 nits, HDR, dan sudah dilindungi kaca pelindung Gorilla Glass Victus 2.

Layar tersebut dihiasi sebuah punch hole sebagai wadah kamera depannya yang beresolusi 32 MP. Layar dirancang dengan model flat (datar) dengan bezel (bingkai) yang cukup tipis sehingga tampilannya terasa lega.

Ponsel Android ini juga turut dilengkapi sejumlah fitur kamera berteknologi AI, seperti Bokeh in Portrait Video Mode. Fitur ini membantu kamera melacak wajah dari objek yang direkam. Bisa juga melakukan perekaman hingga 8K UHD dengan frame rate 24 fps atau 4K UHD 30 fps/60 fps.

Ilustrasi Asus Zenfone 11 Ultra sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang artinya dapat tahan air dan debuAsus Ilustrasi Asus Zenfone 11 Ultra sudah mengantongi sertifikasi IP68, yang artinya dapat tahan air dan debu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com