Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik pada Idul Fitri 2024

Kompas.com - 28/03/2024, 11:31 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel berupaya memastikan layanannya berjalan normal dan optimal pada momen Ramadhan serta Idul Fitri 1445 H (RAFI 2024). Pasalnya, Telkomsel memproyeksikan adanya pertumbuhan trafik broadband pada RAFI 2024.

Menurut Telkomsel, akan terjadi pertumbuhan trafik hingga 15,22 persen pada RAFI 2024 dibanding hari biasa.

Peningkatan trafik tersebut ditaksir karena makin seringnya aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 40,84 persen, komunikasi 25,49 persen dan video streaming 22,61 persen.

Selain itu, aktivitas di sosial media dan e-commerce juga disebut Telkomsel bakal turut mendorong trafik RAFI 2024, masing-masing sebesar 11,14 persen dan 9,17 persen.

Telkomsel pun menduga akan terjadi kenaikan trafik pada puncak RAFI 2024, sebesar 14,63 persen dengan payload tertinggi sebanyak 60,10 PB (Peta Byte) dibanding tahun lalu.

Baca juga: Apa Itu Telkomsel Lite dan Perbedaannya dengan Kartu Telkomsel Biasa?

Nah, untuk memastikan jaringannya mampu menampung peningkatan trafik itu, Telkomsel mengoptimalkan infrastruktur jaringan perusahaan.

"Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya," kata Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Kamis (28/3/2024).

Dalam praktiknya, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus seperti pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya serta 57 area transit transportasi seperti bandara, pelabuhan, dan stasiun. Titik lainnya meliputi 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik termasuk Rest Area dan SPBU, serta 19 kawasan ibadah termasuk masjid dan rumah ibadah lainnya.

Baca juga: Game Online Sumbang 70 Persen Trafik Data Telkomsel, Terbanyak dari Mobile Legends

Bila ditotal, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi infrastruktur jaringan Telkomsel eksisting meliputi lebih dari 244 ribu BTS berteknologi 4G/LTE dan 5G, yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia.

Telkomsel juga mengimplementasikan standar arsitektur jaringan Open Digital Architecture (ODA) Autonomous Network pertama di Indonesia guna memastikan jaringan yang stabil dan efisien.

Bentuk implementasinya dengan skema zero touch self-assurance berbasis AI agar lebih cepat mendeteksi, mendiagnosis, mengoptimalkan, dan memulihkan fungsi jaringan secara mandiri dan otomatis.

Siapkan 154 Posko Siaga

Di lapangan, Telkomsel juga menyiapkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis se-Indonesia.

Di fasilitas itu, pelanggan bisa mendapatkan berbagai layanan Telkomsel, misalnya penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, instalasi aplikasi MyTelkomsel, pendaftaran produk FMC IndiHome, Orbit, dan Telkomsel One, dan sebagainya.

Selain itu, Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal. Mulai dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 492 GraPARI dan 582 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia, aplikasi MyTelkomsel serta asisten virtual Veronika, akun media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X/Twitter, sampai dengan lebih dari 350.000 mitra outlet Telkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com