Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 17/03/2024, 17:07 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengatasi masalah saat mengoperasikan layanan pesan instan WhatsApp. Salah satu panduan itu seperti cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp versi web atau dikenal dengan WhatsApp Web, merupakan platform WhatsApp yang dapat diakses melalui browser. Pengguna dapat mengakses WhatsApp Web dengan menautkan akun dari aplikasi WhatsApp utama di HP.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa “Copy Paste” dan Penyebabnya

Dalam kondisi normal, saat akun telah login, pengguna bisa langsung mengakses WhatsApp Web di browser untuk berkirim pesan. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami masalah WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Dengan demikian, pengguna jadi tidak bisa mengakses layanan melalui WhatsApp Web. Kondisi ini mungkin bakal merepotkan pengguna. Oleh karena itu, pengguna penting untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka.

Penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Lantas, kenapa WhatsApp Web tidak bisa dibuka? Ada beberapa penyebab yang memungkinkan masalah ini terjadi.

Pertama, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah perangkat pengguna seperti laptop atau komputer tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai. Alhasil, WhatsApp Web tidak bisa memuat data.

Kemudian, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka juga bisa terjadi karena terdapat bug atau gangguan pada sistem perangkat lunak browser yang dipakai. Bug pada browser itu bisa menimbulkan sejumlah masalah dalam memuat website.

Selanjutnya, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah jumlah perangkat untuk mengakses WhatsApp Web, yang tertaut dengan akun WhatsApp pengguna, sudah mencapai batasnya.

Jika sudah mencapai batas, pengguna tak akan bisa login akun WhatsApp di WhatsApp Web pada perangkat baru. Kemudian, penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka juga dapat terjadi karena terdapat gangguan pada server WhatsApp.

Itulah beberapa penyebab WhatsApp Web tidak bisa dibuka. Penyebab itu penting untuk diketahui supaya pengguna dapat menentukan solusi yang akan dipilih. Untuk cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka, penjelasannya bisa dibaca di bawah ini.

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka

Cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi persoalan ini. Misalnya, pengguna bisa memeriksa koneksi internet yang terhubung di perangkat laptop atau komputer.

Berikutnya, pengguna juga bisa memperbarui browser yang dipakai buat mengakses WhatsApp Web. Selain itu, masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan soal beberapa cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah sebagai berikut.

1. Periksa koneksi internet

Pertama, cara mengatasi WhatsApp Web tidak bisa dibuka adalah dengan memastikan perangkat memiliki koneksi internet yang memadai. Jika koneksi internet di perangkat tak memadai, WhatsApp Web tidak akan bisa diakses.

Untuk memeriksa koneksi internet di perangkat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memeriksa di website ini https://www.speedtest.net/id. Kemudian, pengguna bisa juga memeriksa koneksi internet dengan dipakai untuk browsing.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Privacy Extension for WhatsApp Web di Browser untuk Blur Chat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com