Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone TWS Nothing Ear dan CMF Buds Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 26/05/2024, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga earphone True Wireless Stereo (TWS) buatan vendor gadget asal London, Nothing, kini hadir di Indonesia. Ketiganya yakni Nothing Ear, Nothing Ear (a) dan CMF Buds.

Sejumlah produk audio tersebut kini sudah bisa dibeli di Indonesia, melalui distributor resmi Nothing di Indonesia.

Seperti produk Nothing lainnya, Nothing Ear dan Nothing Ear (a) juga mengusung desain yang ikonik dengan desain transparan di beberapa bagian. Seklas, kedua TWS bahkan terlihat mirip. Meski begitu, keduanya memiliki spesifikasi yang agak berbeda.

Sementara CMF Buds merupakan TWS bikinan CMF, sub-brand dari Nothing. TWS ini juga menawarkan desain yang menarik dengan warna khas CMF, yakni oranye, hitam dan abu.

Baca juga: Bukan Cuma Gadget, Nothing Kini Rambah Bisnis Fashion

Nothing Ear

Nothing Ear hadir dengan desain transparan baik untuk bodi maupun cangkang alias casing-nya. Meski terlihat transparan, material yang dipakai diklaim tahan tekanan maupun goresan.

TWS ini dilengkapi fitur Active Noise Cancelling (ANC) yang bisa meredam kebisingan hingga 45 dB.

Pada aspek daya, charging case TWS ini menawarkan daya tahan sampai 40,5 jam tanpa ANC aktif. Sementara bila ANC diaktifkan, total daya tahannya berkisar 8,5 jam.

TWS Nothing EarNothing TWS Nothing Ear

Pengisian ulang dayanya didukung fast charging. Menurut Nothing, pengisian ulang 10 menit menawarkan daya tahan sampai 10 jam.

Untuk pengoprasiannya, pengguna bisa mengatur Nothing Ear lewat aplikasi Nothing X, misalnya untuk mengatur bass dan trebbel sesuai keinginan, mengatur profil dan lain sebagainya.

Baca juga: Nothing Bikin Sub-Merek CMF untuk Gadget Murah, Termasuk HP Android?

TWS ini juga dilengkapi sertifikasi ketahanan air dan debur dengan IP-rating IP54 untuk earbuds dan IP55 untuk charging case-nya. Warnanya tersedia dalam dua opsi, yaitu hitam dan putih.

Nothing Ear (a)

Nothing Ear (a) juga dilengkapi sejumlah fitur yang persis seperti Nothing Ear. Persamaannya mencakup ANC hingga 45 dB serta kemampuan mengatur equaliser. Desainnya juga cukup persis dengan konsep transparan baik pada bodi perangkat maupun cangkangnya.

Hanya saja, Nothing Ear (a) tidak mendukung pengaturan audio sesuai profil pengguna. Pada aspek daya tahan, charging case TWS ini menawarkan daya tahan lebih lama sampai 42,5 jam tanpa ANC aktif.

TWS Nothing Ear (a)Nothing TWS Nothing Ear (a)

Bila ANC diaktifkan, daya tahan yang ditawarkan TWS ini sampai 9,5 jam.

Nothing Ear (a) juga dibekali sertifikasi ketahanan air dan debur dengan IP-rating IP54 untuk earbuds dan IPX2 untuk charging case-nya. Warnanya tersedia dalam tiga opsi, yaitu hitam, putih dan kuning.

CMF Buds

CMF Buds hadir dengan desain yang cukup berbeda dari dua TWS di atas karena tanpa desain transparan sama sekali. CMF Buds tampil dengan warna khas CMF yakni hitam, oranye dan abu-abu.

Baca juga: Kesan Pertama Mencoba Galaxy Buds FE, TWS Termurah Samsung dengan ANC

Secara teknis, TWS ini juga mendukung fitur ANC hingga 42 dB. CMF Buds dibekali empat
mikrofon HD Clear Voice Technology untuk memastikan panggilan suara yang tajam
dan detail.

TWS CMF BudsCMF TWS CMF Buds

Untuk daya tahannya, pengguna diklaim bisa memakai earbuds ini hingga 35,5 jam termasuk pengisian ulang melalui wadahnya.

Harga dan ketersediaan

Ketiga TWS di atas sudah tersedia di Indonesia lewat jaringan ritel online maupun offline di bawah distributor resmi di Indonesia.

TWS dari Nothing ini juga dijamin garansi selama satu tahun. Rincian harga masing-masing TWS sebagai berikut, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (26/5/2024).

  • Nothing Ear - Rp 2.399.000
  • Nothing Ear (a) - Rp 1.699.000
  • CMF Buds - Rp 599.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com