Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

Kompas.com - Diperbarui 02/06/2024, 06:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Human Mobile Device (HMD), perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, beberapa bulan terakhir ajek merilis smartphone baru. Akan tetapi, dalam perilisan itu, smartphone yang dibuat HMD tidak menggunakan merek Nokia.

Sebagai informasi, nama Nokia sudah sangat melekat dengan HMD. Selama bertahun-tahun, HMD selalu menggunakan nama Nokia pada ponsel buatannya. Namun, dalam sebulan terakhir, HMD unjuk gigi merilis beberapa smartphone tanpa merek Nokia.

Baca juga: HMD Bikin Smartphone Mirip Nokia Lumia

Lantas, apa saja smartphone HMD tanpa merek Nokia? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah daftar smartphone HMD pertama tanpa merek Nokia.

Smartphone HMD tanpa merek Nokia

Beberapa smartphone HMD pertama yang tidak lagi menggunakan nama Nokia secara umum dirilis dalam rentang April hingga Mei 2024. Di beberapa smartphone HMD itu, logo Nokia benar-benar tak digunakan lagi dan digantikan dengan logo bertuliskan “HMD”.

Contoh smartphone HMD pertama tanpa nama Nokia antara lain, seperti HMD Pulse, HMD Vibe, dan masih banyak lagi. Adapun penampakan dari smartphone HMD pertama tanpa nama Nokia adalah sebagai berikut.

1. HMD Pulse “reguler”

HMD Pulse model regulerGSMArena HMD Pulse model reguler

Pada 24 April 2024, HMD Global merilis smartphone pertamanya tanpa merek Nokia melalui smartphone HMD Pulse series. Jajaran ponsel HMD Pulse series ini terdiri dari HMD Pulse “reguler”, HMD Pulse Plus, HMD Pulse Pro, dan HMD Pulse Plus Business Edition.

HMD Pulse series merupakan ponsel yang bisa diperbaiki secara mandiri oleh pengguna jika terjadi kerusakan. Perbaikan mandiri pada HMD Pulse series dapat dilakukan menggunakan peralatan dari iFixit.

Secara umum, spesifikasi dari keempat model HMD Pulse series hampir mirip. Keempat model HMD Pulse series sama-sama mengusung layar LCD 6,56 inci dengan resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel), rasio aspek 20:9, refresh rate hingga 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits, dan cakupan warna 70 persen NTSC.

Untuk model HMD Pulse "reguler", bagian tengah atas layar dihias lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 8 MP. Kemudian, di bagian punggung, terdapat kamera utama 13 MP (Autofocus) dan lensa depth.

Di sektor performa, HMD Pulse series kompak ditenagai chipset Unisoc T606 berfabrikasi 12 nm. Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup dua inti Cortex-A75, enam inti Cortex-A55, unit pengolah grafis (GPU) Mali-G57, dan modem konektivitas 4G.

HMD Pulse "reguler" dilengkapi dengan RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan (storage) 64 GB. Untuk daya, HMD Pulse series disokong oleh baterai jumbo 5.000 mAh yang bisa diganti sendiri.

Baterai HMD Pulse "reguler" didukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 10 Watt dan diklaim bisa bertahan hingga 59 jam saat digunakan. HMD Pulse series mempunyai sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP52.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan HMD Pulse series adalah Android 14. HMD menjanjikan pembaruan sistem operasi dua generasi dan pembaruan keamanan hingga tiga tahun.

Fitur pendukung HMD Pulse series terbagi menjadi konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 5 (ac), Bluetooth 5.0, NFC, GPS, jack headphone 3,5 mm, port USB Type-C, dan pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya.

HMD Pulse "reguler" tersedia dalam varian warna biru (Atmos Blue), merah jambu (Dreamy Pink), dan hitam (Meteor Black). Di pasar Eropa, HMD Pulse reguler dipatok mulai 140 Euro (sekitar Rp 2,4 juta).

2. HMD Pulse Plus

HMD Pulse PlusGSMArena HMD Pulse Plus

HMD Pulse Plus memiliki desain dan spesifikasi yang mirip seperti model "reguler". Perbedaannya, model dengan embel-embel "Plus" ini memiliki kamera utama dengan resolusi 50 MP. Kamera depth tetap beresolusi 2 MP, dan kamera selfie-nya masih 8 MP.

HMD tidak mengumbar rincian sensor, lensa, atau spesifikasi perekaman video yang dimiliki kamera itu. Yang jelas, chipset Unisoc T606 tidak bisa merekam video dengan resolusi melebihi 1080p, misalnya video 4K.

Spesifikasi HMD Pulse Plus berikutnya adalah RAM 4 GB/6 GB/8 GB, dengan media penyimpanan 128 GB dan dukungan microSD hingga 256 GB.

RAM yang lebih besar ini memungkinkan pengguna membuka lebih banyak aplikasi secara bersamaan, sedangkan storage yang lebih luas bisa dimanfaatkan untuk menyimpan lebih banyak file, foto, video, aplikasi, dan game.

HMD Pulse Plus tersedia dalam varian warna oranye (Apricot Crush), hijau (Glacier Green), dan biru gelap (Midnight Blue). Di pasar Eropa, HMD Pulse Plus dipatok mulai 160 Euro (sekitar Rp 2,7 juta).

3. HMD Pulse Pro

HMD Pulse ProGSMArena HMD Pulse Pro

HMD Pulse Pro merupakan model yang paling mumpuni di HMD Pulse series. Meski disebut paling mumpuni, spesifikasinya tidak jauh berbeda dari kedua "saudaranya" itu.

Resolusi kamera utamanya sama seperti HMD Pulse Plus, yakni 50 MP, dan kamera depth-nya juga masih 2 MP. Akan tetapi, resolusi kamera depan HMD Pulse Pro ditingkatkan dari 8 MP menjadi 50 MP.

Tidak dijelaskan spesifikasi lengkap soal kamera selfie tersebut, tetapi seharusnya kamera selfie model Pro memberikan hasil foto yang lebih baik ketimbang model Pulse Plus.

Spesifikasi HMD Pulse Pro berikutnya adalah baterai 5.000 mAh dengan output fast charging yang ditingkatkan dari 10 Watt menjadi 20 Watt. Dengan output yang lebih tinggi, pengisian daya menjadi lebih cepat.

HMD Pulse Pro bisa dipinang dengan pilihan warna hitam (Black Ocean), hijau (Glacier Green), dan ungu (Twilight Purple). Harga HMD Pulse Pro di pasar Eropa dipatok mulai 180 Euro (sekitar Rp 3,1 juta).

4. HMD Pulse Plus Business Edition

HMD Pulse Plus Business Edition meluncur di EropaGSMArena HMD Pulse Plus Business Edition meluncur di Eropa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com