Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Bikin Foto Profil dengan AI?

Kompas.com - 25/05/2024, 19:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Meta Platforms Inc. (induk WhatsApp, Facebook, dan Instagram) dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat foto profil menggunakan teknologi kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Menurut laporan dari situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, WABetaInfo, fitur tersebut bakal bernama "Create AI Profile Picture", yang akan menjadi generator gambar profil AI untuk profil WhatsApp.

Fitur "Create AI Profile Picture" memungkinkan pengguna membuat foto profil dari deskripsi teks. Nanti, AI akan menyulap deskripsi tersebut menjadi gambar, yang kemudian bisa dijadikan foto profil WA.

Tampilan fitur Create AI Profile Picture di WhatsApp. Fitur ini diuji coba untuk membuat foto profil WhatsApp dengan AI generatif.WABetaInfo Tampilan fitur Create AI Profile Picture di WhatsApp. Fitur ini diuji coba untuk membuat foto profil WhatsApp dengan AI generatif.
Untuk membuat foto profil dari AI, pengguna bisa memberikan deskripi yang menggambarkan diri pengguna supaya lebih akurat.

Sebenarnya WhatsApp sudah menambahkan lapisan privasi yakni dengan mencegah pengguna mengambil tangkapan layar (screenshot) foto profil pengguna.

Nah, fitur Create AI Profile Picture ini disebut akan meningkatkan privasi profil pengguna. Dengan menggunakan gambar yang dihasilkan AI, pengguna akan dapat menghindari memasang foto asli, sehingga Dengan menggunakan gambar yang dihasilkan AI, pengguna akan dapat menghindari berbagi foto asli.

Fitur ini kabarnya sedang diuji coba lewat update WhatsApp beta Android versi 2.24.11.17.

Selain di WhatsApp, Meta juga menguji coba fitur generator gambar profil AI di Facebook dan Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Sabtu (25/5/2024).

Baca juga: Ada “Long Weekend”, Ini 5 Cara agar WhatsApp Terlihat Offline biar Tak Terganggu

Fitur AI lain yang diuji coba di WhatsApp

Ilustrasi stiker AI buatan MetaMeta Ilustrasi stiker AI buatan Meta
Ini bukan fitur AI pertama yang diuji coba Meta. Pada Agustus 2023, WhatsApp dilaporkan menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat stiker yang unik pakai AI generatif.

Kemudian, Meta juga menguji coba chatbot AI Meta AI di WhatsApp. Hal ini ditandai dengan munculnya logo dan teks "Ask Meta AI or Search (Tanya Meta AI atau cari)" di kolom pencarian whatsApp.

Chatbot itu nantinya bisa diakses lewat kolom pencarian aplikasi WhatsApp. Di situ, pengguna bisa menanyakan aneka hal ke Meta AI dengan cara memasukan pertanyaan berbasis teks.

Integrasi Meta AI ke WhatsAppWABetaInfo Integrasi Meta AI ke WhatsApp
Pada April lalu, sejumlah pengguna di India mendapati ikon baru di atas tampilan utama WhatsApp. Ikon itu menampilkan logo Meta AI, diposisikan sejajar dengan ikon kamera dan ikon "+" (Plus).

Baca juga: 8 Trik Bikin WhatsApp Terlihat Offline biar Long Weekend Tetap Tenang

Terlepas dari integrasi Meta AI dengan kolom pencarian WhatsApp, chatbot Meta itu berjalan secara mandiri.

Jadi, obrolan pengguna di WA tidak akan dibagikan dengan Meta AI. Pengguna juga bisa mencari berbagai konten termasuk chat hingga file dari kolom tadi, sebagaimana sebelumnya.

Perlu dicatat bahwa fitur Create AI Profile Picture, bikin stiker pakai AI, hingga chatbot Meta AI di WhatsApp masih dalam tahap uji coba.

Untuk itu, fitur ini belum dirilis resmi untuk seluruh pengguna WhatsApp, baik di Android maupun iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com