Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memunculkan Keyboard di Layar MacBook dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 08/06/2024, 03:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan laptop berbasis MacOS atau yang biasa disebut Mac/Macbook. Salah satu panduan dasar itu seperti cara menampilkan keyboard di layar laptop Mac.

Tiap laptop, tak terkecuali Macbook, dibekali dengan fitur keyboard di layar, keyboard virtual, atau biasa disebut juga dengan on screen keyboard. Fitur on screen keyboard bakal dapat membantu pengguna di situasi tertentu.

Baca juga: 5 Cara Screenshot di Mac dengan Mudah dan Cepat, Tanpa Aplikasi Tambahan

Fitur on screen keyboard pada Macbook memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan menekan tombol-tombol yang muncul pada layar. Dengan keyboard virtual itu, pengguna tak perlu memakai keyboard fisik untuk mengetik.

Ilustrasi cara memunculkan keyboard di layar laptop Mac.Apple Ilustrasi cara memunculkan keyboard di layar laptop Mac.

Dari fungsi tersebut, pengguna bisa menggunakan keyboard di layar Mac saat keyboard fisik mengalami gangguan. Lantaran bakal berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara memunculkan keyboard di layar laptop Macbook.

Lantas, bagaimana cara memunculkan keyboard pada layar laptop Mac? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menampilkan keyboard di layar laptop Mac dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Cara Format Flashdisk di Komputer Mac dengan Mudah via Disk Utility

Cara menampilkan keyboard di layar laptop Mac

Cara menampilkan keyboard di layar laptop Mac itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengakses menu pengaturan keyboard di Macbook. Adapun penjelasan detailnya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple yang berada di layar Home Macbook.
  • Setelah itu, pilih menu pengaturan “Keyboard”.
  • Berikutnya, klik tab “Keyboard”
  • Kemudian, aktifkan opsi “Show Keyboard & Emoji / Character Viewers in menu bar”.
  • Setelah itu, menu keyboard baru yang muncul di menu bar atas layar Macbook.
  • Pada menu itu, klik opsi “Show Keyboard Viewer” dan keyboard virtual akan muncul di layar Macbook.

Cukup mudah bukan cara menampilan keyboard di layar laptop Macbook? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu panik ketika terjadi masalah pada keyboard fisik Macbook, sehingga membuatnya tidak dapat digunakan dengan normal.

Pengguna bisa memakai on screen keyboard untuk dipakai mengetik sementara waktu saat keyboard fisik Macbook mengalami gangguan. Demikianlah penjelasan cara memunculkan keyboard di layar laptop Mac dengan mudah, semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mudah Hapus Background Foto di Komputer Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com