Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6, Desain Makin Jelas

Kompas.com - 09/06/2024, 17:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung dirumorkan bakal meluncurkan duo ponsel lipat terbarunya, yakni Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Duo ponsel ini diyakini akan diperkenalkan di acara "Galaxy Unpacked" pada 10 Juli 2024 di Paris, Perancis.

Dalam beberapa waktu terakhir, bocoran tampang dan spesifikasi Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 banyak beredar di internet. Yang paling baru, materi visual promosi untuk Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 terlihat bocor dan diunggah di situs Samsung Kazakhstan.

Gambar tersebut menampilkan Galaxy Z Fold 6 yang setengah terlipat dan Galaxy Z Flip 6 yang terbuka sekitar 120 derajat. Gambar tersebut juga dihiasi tulisan "Galaxy Z Fold6|Z Flip6" dengan font khas Samsung Sharp Sans.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 Rilis Juli di Paris?

Ada juga embel-embel "Galaxy AI" di gambar tersebut. Di pojok kanan gambar ada tulisan "samsung.kz" yang mengindikasikan bahwa materi visual ini merupakan milik Samsung Kazakhstan.

Jika meteri iklan ini akurat, maka kita bisa melihat desain Samsung Z Fold6 dan Z Flip6 dengan lebih jelas.

Dari gambar, Galaxy Z Fold 6 terlihat hadir dengan desain yang lebih segar. Bodinya terlihat mirip Samsung S24 Ultra di mana bodinya berwarna titanium, bingkai datar, serta memiliki ujung-ujung yang menyiku.

Galaxy Z Fold 6 juga terlihat memiliki lubang speaker yang berbentuk satu gris lurus seperti slot microSD, mirip dengan Galaxy S24 series dan Galaxy A55.

Punggung Galaxy Z Fold 6 terlihat memiliki modul kamera belakang dengan tiga lensa, seperti Galaxy Z Fold 5. Bedanya, tiga kamera boba tersebut hadir dengan ukuran yang lebih besar.

Samsung disebut merampingkan ukuran bezel untuk mencapai rasio aspek 22:9 pada tampilan cover screen (layar sekunder), bukan 23,1:9 seperti model Galaxy Z Fold 5. Meski begitu, Samsung disebut tidak mengubah dimensi ponsel secara signifikan.

Untuk Galaxy Z Flip 6, ponsel ini terlihat masih mewarisi desain Galazy Z Flip 5 tahun lalu. Ponsel ini memiliki layar sekunder (cover screen) dengan kamera ganda.

Cover screen itu konon akan sedikit lebih besar, yakni dari 3,4 inci menjadi 3,9 inci. Jika diperhatikan lebih dekat, sisi atas layar cover screen memang terlihat lebih dekat ke modul kamera dibandingkan model tahun lalu.

Artinya, ukuran cover screen itu sedikit lebih besar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Minggu (9/6/2024).

Baca juga: Bocoran Galaxy Z Fold 6 FE, Ponsel Lipat Murah Samsung

Bocoran spesifikasi Galaxy Z Fold/Flip 6

Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6Smartprix Bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 6
Soal spesifikasi teknisnya, Samsung Galaxy Z Fold 6 konon bakal ditenagai Sytem on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 3.

Smartphone ini juga akan dibekali tiga kamera, tetapi konfigurasi kameranya belum diketahui. Ada kemungkinan resolusi kameranya mencakup kamera utama 200 MP disertai fitur stabilisasi gambar OIS.

Bila benar, maka resolusi kamera ponsel lipat ini meningkat pesat dari pendahulunya yang hanya mentok di 50 MP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com