Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Melihat Aktivitas Login Instagram di HP Android dan iPhone, Mudah

Kompas.com - 21/06/2024, 15:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan Instagram atau biasa disingkat IG yang dapat membantu mengamankan akun. Salah satunya seperti cara melihat aktivitas login IG.

Baca juga: 2 Cara Memutuskan Hubungan Instagram dengan Facebook Lewat HP, Mudah

Cara melihat aktivitas login IG itu bakal berguna untuk memastikan keamanan akun pengguna. Untuk diketahui, Instagram memiliki fitur aktivitas login yang dapat mencatat riwayat akun pengguna telah dipakai login di mana saja.

Dengan fitur itu, pengguna dapat memastikan akun IG telah login di perangkat yang tepat, yang merupakan miliknya sendiri dan bukan perangkat asing. Lantaran berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara melihat aktivitas login IG.

Lantas, di mana melihat aktivitas login IG? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara melihat aktivitas login IG dengan mudah dan praktis.

Cara melihat aktivitas login IG

Cara melihat aktivitas login IG itu sejatinya sangat mudah. Pengguna bisa melakukannya melalui aplikasi IG yang ada di HP, baik HP Android maupun iPhone. Di aplikasi IG Android atau iPhone, pengguna nantinya tinggal menu “Pusat Akun”.

Baca juga: Cara Mematikan Status Online di Instagram buat Jaga Privasi, Mudah dan Praktis

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara melihat aktivitas login IG di Android dan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Cara melihat aktivitas login IG di iPhone

  • Buka halaman profil di aplikasi Instagram iPhone.
  • Kemudian, klik ikon garis tiga dan pilih menu “Accounts Center” atau “Pusat Akun”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Password and security”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Where you’re logged in”.
  • Klik nama akun yang hendak melihat aktivitas login-nya.
  • Terakhir, bakal muncul daftar perangkat yang digunakan untuk login akun IG. Pada daftar ini, tersedia pula informasi lokasi dan waktu akun IG aktif di satu perangkat.

Ilustrasi cara melihat aktivitas login IG di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat aktivitas login IG di iPhone.

2. Cara melihat aktivitas login IG di Android

  • Buka halaman profil di aplikasi Instagram Android.
  • Setelah itu, klik ikon titik tiga dan pilih menu “Pengaturan dan Privasi”.
  • Kemudian., pilih menu “Accounts Center” atau “Pusat Akun”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Password and security”
  • Klik “Where you’re logged in” dan pilih akun yang hendak melihat aktivitas login-nya.
  • Terakhir, pengguna bakal bisa melihat daftar perangkat yang dipakai login akun IG. Pada daftar ini, tersedia pula informasi lokasi dan waktu akun IG aktif di satu perangkat.

Ilustrasi cara melihat aktivitas login IG di Android.Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara melihat aktivitas login IG di Android.

Baca juga: 3 Cara Melihat DM Instagram Tanpa Read dengan Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara melihat aktivitas login IG di iPhone dan Android? Melalui cara di atas, pengguna bisa memastikan apakah akun IG miliknya telah dipakai login di perangkat yang tepat.

Jika saat memeriksa ditemukan akun IG telah login di perangkat asing atau bukan milik sendiri, pengguna bisa segera mengamankan dengan cara mengeluarkannya. Untuk mengeluarkan akun IG dari perangkat lain, pengguna tinggal klik perangkat pada daftar.

Setelah itu, klik opsi “Log Out” dan akun akan otomatis dikeluarkan dari perangkat asing. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat aktivitas login IG di Android dan iPhone dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com