Nitrogen Cair dan Penyembur Api di Arena "Balap" Komputer

Kompas.com - 07/06/2014, 14:24 WIB
Saking dinginnya nitrogen cair, selang panyalur dari tangki penyimpannya sampai membeku dan diselimuti bunga es oik yusuf/ kompas.comSaking dinginnya nitrogen cair, selang panyalur dari tangki penyimpannya sampai membeku dan diselimuti bunga es
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Saking dinginnya nitrogen cair, selang panyalur dari tangki penyimpannya sampai membeku dan diselimuti bunga es

KOMPAS.com - Pada ajang eksebisi Computex 2014 di Taipei, Taiwan, Intel memperkenalkan model prosesor baru bernama Core i7-4790K. Chip berkode nama "Devil's Canyon" itu khusus dirancang bagi penggemar overclocking.

Nah, untuk membuktikan ketangguhan Core i7-4790K, Intel mengadakan lomba overclocking memakai prosesor tersebut pada Selasa (3/6/2014) malam di sebuah pusat belanja di kota Taipei.

Overclocking sendiri merupakan teknik meningkatkan kinerja dengan mendongkrak frekuensi prosesor setinggi mungkin sambil tetap mempertahankan stabilitas. Prosesor bersangkutan harus bisa menjalankan aplikasi dengan normal walaupun dipaksa bekerja di luar batas normal. Kegiatan ini menjadi hobi bagi kalangan pecinta komputer yang doyan utak-atik.

Salah satu tantangan terbesar dalam overclocking adalah menjaga suhu prosesor agar tidak terlalu panas dan membuat komputer crash atau mengalami error.

Oik Yusuf/Kompas.com Dua orang dari situs teknologi Jagat Review.com, Dedy Irvan (kanan) dan Reza Afrian Ramadhan, mewakili Indonesia dalam lomba overclocking Core i7-4790K yang diselenggarakan Intel di ajang pameran Computex 2014, Taiwan

Dalam lomba yang digelar Intel tersebut, sebanyak 20 peserta menggunakan aneka macam pendingin prosesor, mulai dari yang terbilang "wajar" seperti aircooling alias paduan heatsink dan kipas, hingga metode ekstrim seperti memakai nitrogen cair.

"Dari 20 orang itu, delapan di antaranya merupakan overclocker amatir yang dipilih secara acak melalui situs HWBot yang menjadi acuan di dunia overclocking. Sisanya merupakan overclocker profesional yang sering terlibat dalam kompetisi" kata Product Marketing Engineer Intel Darrin Lynch ketika dijumpai KompasTekno di sela-sela acara lomba.

Para peserta  datang dari berbagai negara berbeda seperti Taiwan, Rusia dan Yunani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua orang wakil dari Indonesia turut meramaikan segmen overclocker amatir. Satu di antaranya berhasil menyabet gelar juara ketiga kategori tersebut.

 


Nitrogen cair dan penyembur api

Oik Yusuf/Kompas.com Seorang peserta menuangkan nitrogen cair dari termos ke dalam wadah bernama "bong", berupa sebongkah logam persegi yang memiliki lubang di bagian tengah dan ditempelkan ke prosesor. Asap kabut muncul akibat uap air di udara mengalami pendinginan tiba-tiba

Dari pengamatan KompasTekno di arena lomba, sebagian peserta tampak mengandalkan nitrogen cair sebagai pendingin. "Bentuk cair dari gas ini memang memiliki suhu yang sangat dingin, hingga -200 derajat Celsius hingga mampu meredam prosesor sepanas apapun," jelas Lynch.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.