Xiaomi Investasi Demi TV Pintar

Kompas.com - 05/11/2014, 12:12 WIB
Smart TV Xiaomi XiaomiSmart TV Xiaomi
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Produsen smartphone asal Tiongkok mengembangkan layanannya dengan memproduksi perangkat TV pintar. Untuk mengembangkan ekosistem TV pintar itu, Xiaomi akan berinvestasi sebesar 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 12 triliun).

Kepastian tersebut didapat dari halaman Weibo resmi milik Xiaomi, seperti dikutip oleh KompasTekno dari situs Tech Crunch (5/11/2014).

Menurut Xiaomi, ekosistem TV pintar yang dikembangkan berupa konten video online itu akan menjadi investasi yang berharga. Dua pejabat Xiaomi saat ini, Cheng Ton dan Wang Chuan, merupakan dua orang yang berpengalaman dalam hal membangun konten online.

Cheng Ton adalah mantan Editor in Chief portal berita Tiongkok, Sina.com, sementara Wang Chuan adalah direktur produk Smart TV Xiaomi, termasuk Mi TV dan Mi Box.

Proyek TV pintar Xiaomi sendiri telah dimulai pada September 2013 lalu sebagai bagian dari upaya membangun ekosistem hardware bagi software MIUI. Diharapkan, MIUI bisa menjadi penghubung antara smartphone dan TV pintarnya.

Dengan demikian, maka Xiaomi perlu membuat ekosistem berupa software dan konten online, termasuk video online, yang bisa dipakai sebagai kendaraan untuk mencari pendapatan.

Pasar TV pintar di Tiongkok sendiri saat ini berkembang sangat pesat. Menurut Digital TV Research, Tiongkok kini menjadi konsumen konten TV pintar dan OTT (over-the-top) terbesar di dunia, dengan angka penjualan 20 hingga 30 juta unit per tahun.

TV pintar Xiaomi kini bersaing dengan kompetitor lokalnya, Baidu dan Alibaba, selain tentunya TV pintar milik Samsung dan Apple.

Belum ada kepastian apakah Xiaomi juga akan menjual perangkat TV pintarnya itu di luar Tiongkok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X