ADS

Bagaimana Membuat Smartphone Tipis Nyaman di Tangan

Kompas.com - 27/11/2014, 17:31 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Smartphone yang berlayar lebar, namun dengan bodi yang tipis, punya kecenderungan kurang nyaman saat digunakan. Apa yang dilakukan Oppo agar R5 yang tipis dan lebar tetap nyaman di genggaman?

Seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya, ada beberapa hal yang dilakukan pabrikan ponsel tersebut untuk membuat perangkat tersebut tetap enak digenggam.

Pertama, bingkai Oppo R5 dibuat dengan model kurva pada bagian atas dan bawahnya. Kurva sebesar 1.2mm dibuat pada sisi atas, sedangkan kurva 2.6mm di buat pada sisi bawah.

Kurva ini dinamakan Micro-Arc. Perbedaan ukuran kurva itu disebut sengaja dibuat untuk menyesuaikan dengan genggaman tangan.

Menariknya, Oppo memesan pisau khusus untuk membuat kurva micro-arc tersebut. Satu mata pisau hanya dapat digunakan untuk 100 kali proses pembuatan kurva, dan harus diganti baru.
Setelah kurva selesai dibentuk oleh mata pisau khusus ini, ada sisa - sisa pemotongan yang menyebabkan bingkai R5 tidak mulus. Solusinya, harus dipoles lagi.

Apabila dipoles menggunakan mesin poles, maka kurva micro–arc ini dikatakan tidak dapat terbentuk sesuai dengan standar millimeter yang ditetapkan. Itu mengapa Oppo akhirnya memutuskan untuk memunggunakan proses pemolesan manual dengan tangan.

Hal berikutnya yang dilakukan untuk menjaga kenyamanan adalah membuat cover ponsel dengan bahan coating yang dinamakan Dura Silk. Material ini konon terasa halus dan lembut pada sentuhan kulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.