Internet Gratis Facebook Resmi Diblokir di India

Kompas.com - 09/02/2016, 12:48 WIB
Ilustrasi Facebook mobile istIlustrasi Facebook mobile
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Layanan internet gratis Facebook "Free Basics" resmi dilarang di India, sebagaimana dilaporkan Wired dan dihimpun KompasTekno, Selasa (9/2/2016).

Pelarangan itu diajukan regulator telekomunikasi India atas dalih netralitas internet. Pasalnya, mekanisme Free Basics dianggap bertentangan dengan prinsip netralitas tersebut.

Beberapa layanan yang menumpang pada Free Basics (Wikipedia, BBC, situs-situs kesehatan, laporan cuaca, Facebook, dkk) sedikit banyak bakal diuntungkan. Sementara layanan-layanan lainnya bisa dirugikan.

Sebab, untuk mengakses layanan pada Free Basics, netizen tak perlu memikirkan kuota data. Sebaliknya, pada akses normal ke layanan-layanan lainnya, netizen harus mengeluarkan ongkos data.

Perbedaan perlakuan tersebut yang didefinisikan tak netral dan tak adil. Menurut pemerintah India, layanan internet seyogyanya mendapat perlakuan sama.

Untuk itu, pelarangan di India tak spesifik untuk Free Basics. Pelarangan itu berlaku bagi semua layanan internet yang memungkinkan akses gratis tanpa memakan data.

"Tak ada layanan yang boleh menawarkan tarif diskriminatif untuk mengakses konten pada layanan-layanan tertentu," kata perwakilan Telecom Regulatory Authority of India (TRAI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal mula "gesekan"

Facebook mulai merilis Free Basics -dulu disebut "Internet.org"- pada Februari 2015 lalu. Kala itu Facebook bermitra dengan penyelenggara internet dan organisasi-organisasi lainnya yang berkaitan.

Dua bulan kemudian, beberapa layanan internet protes. Mereka menilai Free Basics menumpas netralitas internet karena hanya mengistimewakan beberapa layanan saja. Sejak saat itu, debat panjang dimulai.

Halaman:


Sumber Wired
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.