Xiaomi Perbarui Redmi Note 3, Trik Aktivasi 4G Jadi Tidak Manjur

Kompas.com - 14/12/2016, 15:00 WIB
Kamera utama Redmi Note 3 memiliki ketajaman 16 megapiksel. Di bagian bawahnya terdapan LED Flash dan pemindai sidik jari Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comKamera utama Redmi Note 3 memiliki ketajaman 16 megapiksel. Di bagian bawahnya terdapan LED Flash dan pemindai sidik jari
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Xiaomi telah merilis pembaruan software baru untuk pengguna Redmi Note 3 di Indonesia. Pembaruan ini salah satunya berfungsi untuk memblokir koneksi 4G, agar tidak bisa dinyalakan menggunakan trik tertentu.

Seperti diketahui, Xiaomi memang sengaja memblokir koneksi 4G pada Redmi Note 3 yang dijual secara resmi di Indonesia. Alasannya karena ponsel tersebut belum memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G.

Namun ada celah yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuka pemblokirannya. Melalui trik tertentu, yakni mengubah koneksi ponsel menjadi CDMA, lalu mengubahnya menjadi 4G (CDMA).

"Kami juga baru tahu mengenai trik ini, makanya begitu menemukan langsung dilaporkan ke headquarter. Lalu dirumuskan cara untuk mengatasinya," terang Social Community Manager Xiaomi Indonesia, Fandy Silalahi kepada KompasTekno, Rabu (14/12/2016).

Bila menerapkan metode ini, pengguna Redmi Note 3 versi resmi akan bisa mengakses jaringan 4G di Indonesia. Namun cara ini hanya bisa membuka akses internet, tetapi fungsi telepon dan SMS tidak bisa dipakai.

“Cara ini memang tidak umum. Soalnya ponsel GSM diubah dulu menjadi CDMA dan ternyata bisa mengakses 4G, meski tidak sempurna. Tapi terima kasih karena kami jadi tahu keberadaan cara seperti ini. Xiaomi juga langsung membuat penangkalnya. Kami ini kan memang inginnya comply sesuai aturan pemerintah,” imbuh CEO Erajaya Group Hasan Aula dalam kesempatan yang sama.

Baca: Indikasi Kuat Xiaomi Bakal Comeback ke Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu mengetahui adanya celah ini, Xiaomi langsung membuat pembaruan MiUI 8.1 dan berencana mengedarkannya ke Redmi Note 3 dalam beberapa hari mendatang.

"Sekarang sudah siap pembaruan yang bakal mencegah cara itu. Tadinya kan ada jeda saat orang menyalakan jaringan atau mengganti kartu SIM, nah ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti jaringan ke CDMA lalu beralih ke 4G (CDMA),” ujar Fandy.

KompasTekno sempat ditunjukkan unit Redmi Note 3 yang sudah diperbarui dan tidak dapat lagi menggunakan trik tertentu untuk mengubah jaringan 3G-nya jadi 4G.

“Kalau sekarang jeda itu sudah tidak ada, jadinya tidak bisa mengaktifkan 4G melalui CDMA itu. Rencananya software baru ini, MIUI 8.1 kemungkinan akan mulai diedarkan Jumat (16/12/2016),” imbuhnya.

Update: Xiaomi telah merilis MIUI 8.1.1.0 yang disebutkan akan menghapus trik aktivasi 4G yang telah dilakukan sebelumnya. Smartphone Redmi Note 3 versi resmi yang di-upgrade ke MIUI 8.1.1.0 tidak bisa lagi mengakses jaringan 4G. 

Baca juga: Ponsel Xiaomi Dijual Kucing-kucingan di Jakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.