Karyawan Pertama Twitter untuk Asia Undur Diri

Kompas.com - 04/04/2017, 09:50 WIB
Reska K. Nistanto/Kompas.com Aliza Knox, Managing Director Online Sales Twitter APAC

KOMPAS.com - Satu lagi petinggi Twitter yang hengkang. Ia adalah Aliza Knox, yakni Head of Twitter Asia Pacific (APAC) yang sudah 4,5 tahun mengabdi sejak akhir 2012 lalu.

Knox adalah orang pertama yang direkrut Twitter untuk Asia. Perempuan asal Ameria Serikat tersebut menjadi saksi perkembangan bisnis Twitter di wilayah APAC, mulai dari nol hingga seperti sekarang.

Pertama-tama, Knox yang mengawasi langkah demi langkah pembangunan kantor Twitter di Singapura yang kini telah didaulat sebagai APAC HQ. Selanjutnya, ia pula yang membuat Twitter mampu berekspansi ke sembilan lokasi lainnya, termasuk Indonesia.

Hingga kini, Twitter APAC yang berkedudukan di Singapura telah memiliki 100 pegawai. Tim Knox telah membangun kemitraan bisnis dan iklan di cakupan regional APAC dengan sangat baik.

Pengunduran diri Knox terendus sejak beberapa saat lalu, kemudian terkonfirmasi melalui kicauannya di Twitter.

"4,5 tahun yang sangat menyenangkan di @Twitter! Bangga telah membangun tim APAC yang terbaik dan menyerahkannya ke @Maya_Hari. Terima kasih untuk acara perpisahannya," #LoveWhereIWorked," kata Knox melalui akun Twitter personalnya, @alizaknox.

Twitter pun mengeluarkan pernyataan resmi atas kepergian Knox. Menurut layanan berlogo burung tersebut, ada banyak warisan yang ditinggalkan Knox selama menjabat.

"Kami berterima kasih atas kepemimpinan dan kontribusi Knox selama 4,5 tahun ini. Ia menjadi pionir bisnis di APAC, termasuk ekspansi ke negara-negara seperti Indonesia dan China. Ia juga mengatur HQ kami di Singapura dan memimpin kami dengan semangat keberagaman," kata Twitter, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (4/4/2017) dari Techcrunch.

Siapa pengganti Knox?

Belum jelas Knox akan berlabuh ke mana setelah ini. Sebelum di Twitter, ia juga bekerja hampir lima tahun di Google, tepatnya sebagai Managing Director of Commerce Google APAC.

Yang jelas, Maya Hari yang sebelumnya menjabat sebagai Managing Director of India and Southeast Asia Twitter, kini naik jabatan dengan mengisi posisi Knox. Maya Hari akan mengerjakan proyek bersama Roy Simangunsong yang baru-baru ini melepas jabatan sebagai Country Head Twitter Indonesia.

Dalam kicauan beberapa saat lalu, Roy mengatakan akan mengambil peran di proyek strategis yang dipimpin Maya Hari. Belum jelas proyek itu akan seperti apa, yang jelas ini mengindikasikan Roy naik panggung ke tim Twitter APAC.


Terlepas dari semua itu, hengkangnya Knox menandai makin banyaknya pemimpin Twitter yang cabut. Di wilayah APAC sendiri, ada empat pejabat yang mundur sepanjang 2016 lalu.

Mereka adalah Head of India and Southeast Asia, Parminder Singh; Lead of India, Rishi Jaitly; Head of China, Kathy Chen, dan Country Boss Australia, Karen Stocks. Ini belum ditambah pengurangan 20 tenaga kerja di Bengaluru, India, pada September lalu.

Baca: Nama Teman Tak Lagi Makan Kuota 140 Karakter Twitter

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDeliusno

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X