Kompas.com - 11/09/2017, 18:36 WIB
Dual camera di Galaxy Note 8 SamsungDual camera di Galaxy Note 8

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung tak tanggung-tanggung dalam membuat fitur untuk kamera Galaxy Note 8. Mereka memasukkan dual optical image stabilizer (OIS) ke dalam kamera ganda smartphone tersebut.

Seperti diketahui, OIS biasanya ada di kamera DSLR atau mirrorless dengan tujuan meredam guncangan yang membuat gambar jadi buram.

Namun pada kasus Samsung, fitur tersebut digandakan dan disematkan ke dalam kedua kamera Galaxy Note 8. Lalu apa gunanya?

Pemerhati gadget, Lucky Sebastian dan vlogger Ario Pratomo, saat sesi diskusi dengan media tentang Galaxy Note 8, menceritakan sejumlah kegunaan fitur tersebut.

Baca: Ini Dia Harga Galaxy Note 8 di Indonesia

Lucky mengatakan bahwa OIS di Galaxy Note 8 memang punya fungsi serupa dengan OIS di kamera pada umumnya, yakni untuk meredam getaran tangan pengguna sehingga gambar video atau foto bisa tetap terlihat stabil.

OIS merupakan salah satu fitur yang sangat sulit disematkan ke dalam kamera smartphone. Pasalnya, untuk membuatnya vendor mesti merancang sistem motor dan kecepatan geraknya, agar bisa menetralkan guncangan tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Misalnya saat merekam atau memotret, tangan goyang ke kanan, maka OIS akan merespon. Motornya bergerak ke arah kiri dengan cepat supaya posisi stabil," terangnya.

"Pada Galaxy Note 8 sendiri terdapat dua OIS karena kamera yang digunakan memiliki dua lensa, yakni wide 26 milimeter dan telephoto 56 milimeter," imbuhnya.

Sementara vlogger Ario Pratomo menambahkan, baginya yang kerap membuat vlog atau sekadar video-video singkat, OIS pada kamera Samsung Galaxy Note 8 sangat berguna. Terutama karena membuatnya bisa merekam video hanya dengan genggaman tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.