Game Sepak Bola "FIFA" Bakal Tak Dirilis Tiap Tahun

Kompas.com - 10/11/2017, 17:15 WIB
Ilustrasi Marco Leus dalam Game Fifa 2017 EA GamesIlustrasi Marco Leus dalam Game Fifa 2017
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Electronic Arts (EA) selalu merilis satu seri game simulasi sepak bola FIFA, seperti FIFA 17 dan FIFA 18, setiap tahunnya. Meski begitu, di satu titik di masa yang akan datang, EA bakal berhenti merilis game tersebut secara tahunan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO EA Andrew Wilson. Kemungkinan itu diucapkan dalam sebuah wawancara dengan media Bloomberg.

Apakah itu artinya EA akan berhenti merilis game FIFA di masa akan datang? Tentunya, tidak. EA bakal tetap merilis game simulasi seperti ini, hanya saja formatnya yang berbeda.  

Menurut Wilson, publisher game, termasuk EA, bisa saja menyediakan game dengan sistem berlangganan dan cloud. Dengan cara seperti ini, konten dalam game bakal tetap segar dan up-to-date. EA bisa dengan mudah merilis daftar pemain baru setiap jendela transfer dibuka.

Baca juga : FIFA dan EA Gelar Turnamen Piala Dunia Online

"Saat ini lebih mudah bagi kami untuk mendistribusikan game. Mungkin kami tidak perlu lagi meluncurkan game baru tiap tahunnya. Tapi kami bisa memberikan layanan selama 365 hari," ujar Wilson, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (10/11/2017).

EA memang rajin merilis game simulasi olahraga, seperti FIFA dan Madden NFL, setiap tahunnya. Berselang hanya setiap satu tahun, EA memang harus memutar otak cukup keras untuk menghadirkan fitur dan kemampuan baru. Apalagi, perubahan besar memang kebanyakan terjadi di sisi transfer pemain antar klub.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di game FIFA sendiri, EA memang banyak berinovasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Terjadi perubahan engine dari Ignite ke Frostbite, kemudian hadir juga simulai sepak bola wanita, hingga mode cerita "The Journey". Namun, di satu titik, studio game ini diyakini bakal kehabisan ide segar untuk fitur baru.

EA sendiri belum memberikan jadwal yang pasti kapan menjalankan strategi seperti ini. Namun, melihat masih begitu lakunya game FIFA secara tahunan, langkah ini tampaknya masih lama baru akan terwujud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.