Ini Dia, 4 Startup Pemenang The NextDev 2017 - Kompas.com

Ini Dia, 4 Startup Pemenang The NextDev 2017

Kompas.com - 21/11/2017, 17:11 WIB
Startup yang masuk empat besar The NextDev 2017 berfoto bersama dewan juri dan Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah.Dok. Telkomsel Startup yang masuk empat besar The NextDev 2017 berfoto bersama dewan juri dan Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah.

KOMPAS.com - Ajang kompetisi aplikasi The NextDev 2017 besutan Telkomsel mencapai puncaknya dengan digelarnya malam final pada Senin (20/11/2017). Pada malam final tersebut, dipilih empat startup yang menyisihkan finalis lainnya yang masuk dalam 20 besar.

Keempat startup tersebut adalah Cekmata, Squline, Karapan, dan Marlin Booking, mereka telah melewati berbagai tahapan seleksi sejak Juli 2017. Aplikasi buatan empat startup tersebut dinilai memiliki kemampuan memberikan solusi bagi masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (21/11/2017) mengucapkan selama kepada keempat startup terbaik The NextDev 2017.

"Semoga aplikasi-aplikasi ini dapat memberikan dampak langsung yang positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, dan transportasi,” ujar Ririek.

Cekmata adalah startup asal Surabaya yang berkompetisi di bidang e-Health. Cekmata.com adalah applikasi berbasiskan machine learning untuk mendeteksi katarak dini ataupun akut pada mata, dengan menggunakan kamera smartphone. Mereka mengklaim tingkat keakurasiannya mencapai 75 hingga 85 persen.

Squiline adalah buatan startup Jakarta adalah platform yang menghubungkan mereka yang ingin belajar bahasa asing dengan mentor dari seluruh dunia.

Karapan, startup yang mendapatkan golden ticket dari Surabaya ini membuat platform pasar peternakan modern yang bisa diakses dari smartphone.

Sementara Marlin Booking, startup asal Batam, membuat aplikasi pemesanan tiket khusus untuk angkutan kapal laut dan penyeberangan.

Empat aplikasi terbaik The NextDev 2017 di atas mendapatkan hadiah utama berupa 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert), dan bersama dengan finalis lainnya akan mengikuti pelatihan lanjutan dari Telkomsel dalam program The NextDev Academy.

Juri yang bertindak dalam penentuan empat besar The NextDev 2017 terdiri ata praktisi startup dan pakar teknologi, yakni Irfan Tachrir (Direktur HCM Telkomsel), Samuel Pangerapan (Dirjen Aplikasi Informatika), Ariff Kamal (Associate SEO Director GroupM), Dayu Dara (Vice President GO-JEK), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), dan Alamanda Shantika (Co-Founder Binar).


EditorReska K. Nistanto

Close Ads X