Ulang Tahun, Zuckerberg Beberkan Kesalahan-kesalahan Facebook

Kompas.com - 05/02/2018, 09:16 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017). Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Hari Minggu, 4 Februari kemarin, Facebook berulang tahun yang ke-14. Jejaring sosial yang bermula dari kamar asrama Mark Zuckerberg di Universitas Harvard ini sekarang sudah meraksasa dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Perjalanan Facebook tak selalu mulus selama belasan tahun kiprahnya. Zuckerberg selaku pendiri pun melakukan refleksi untuk menengok ke belakang lewat sebuah posting di hari ulang tahun Facebook.

Di dalamnya, secara singkat dia menjelaskan sejumlah kesalahan yang pernah dia lakukan selama memimpin Facebook, mulai dari kesalahan teknis, tak menanggapi tren dengan cepat, hingga meluncurkan produk gagal.

Meski pahit, Zuckerberg juga menegaskan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut sekaligus menjadi pembelajaran bagi Facebook di masa depan.

Baca juga: Facebook Dianggap Memecah Kerukunan, Mark Zuckerberg Minta Maaf

“Komunitas kita ada bukan karena kita menghindari kesalahan, tapi karena kita terus berupaya untuk mengatasi tantangan” tulis Zuckerberg. “Meski tahu akan gagal berulang kali, inilah satu-satunya cara untuk maju.”


Facebook belakangan banyak mendapat sorotan, terutama soal maraknya peredaran berita hoax yang disinyalir bisa ikut mempengaruhi iklim politik sebuah negara, misalnya ketika pemilu presiden AS beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zuckerberg pun bereaksi dengan menerapkan sejumlah perbaikan. Terakhir, dia sengaja mengubah algoritma News Feed supaya tak terlalu banyak menampilkan video viral dan lebih memprioritaskan posting dari teman dan keluarga pengguna.  

Akibatnya, durasi waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook pun menurun sehingga berpotensi menggerus pendapatan iklan Facebook. Namun Zuckerberg bersikukuh perubahan tersebut bakal berdampak baik bagi komunitas Facebook secara keseluruhan dengan mempererat hubungan pertemanan.

Baca juga: Zuckerberg Bakal Kembalikan Facebook Jadi Lebih Bermakna

“Mendekatkan kita dengan keluarga dan teman-teman adalah hal yang berarti,” ucap Zuckerberg di posting yang ditulisnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (5/2/2018).

Hari Pertemanan

Facebook menyebut hari ulang tahunnya sendiri dengan julukan “Friends’ Day” alias Hari Pertemanan. Seperti tahun - tahun sebelumnya, para pengguna Facebook pun memperoleh notifikasi bahwa video pendek Friends Day telah dibuat secara otomatis dan siap dibagikan.

Tahun ini, di laman Friends’ Day, Facebook menampilkan “Friend Award” berupa teman-teman yang mendapat sejumlah “penghargaan” seperti paling sering berkomentar, paling banyak mendapat like, paling banyak memiliki mutual friend, dan lain-lain. Pengguna juga bisa membuat award sendiri untuk teman.

Di samping itu, Facebook turut menambahkan tiga filter bertema teman untuk fitur Camera, berikut sejumlah film pendek tentang kisah pertemanan unik dari seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.