Smartphone Gaming Xiaomi Cetak Skor Tinggi karena Pendingin Khusus?

Kompas.com - 20/03/2018, 13:15 WIB
Logo Xiaomi KOMPAS.com/Yoga HastyadiLogo Xiaomi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Xiaomi belakangan ini ramai dikabarkan sedang menyiapkan perangkat smartphone kelas atas yang khusus ditujukan untuk para penggemar game mobile.

Belakangan, smartphone yang diduga bernama "Blackshark" itu muncul dalam basis data situs aplikasi benchmark Geekbench dengan nama "Blackshark SKR-A0".

Laman benchmark menyebutkan bahwa Blackshark dibekali dengan prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 845 terbaru, RAM 8 GB, dan menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

Skor yang tertera adalah 8.452 poin untuk pengujian multi-core, dan 2.452 poin untuk pengujian single-core Geekbench, termasuk tinggi untuk perangkat berbasis Snapdragon 845 sekalipun.

Smartphone Blackshark SKR-A0 dalam sebuah listing database Geekbench.Geekbench Smartphone Blackshark SKR-A0 dalam sebuah listing database Geekbench.
Keterangan sumber yang dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (20/3/2018) menyebutkan bahwa skor tinggi Xiaomi Blackshark disebabkan oleh penggunaan solusi pendingin khusus.

Dengan pendingin "aviation-class" ini,  Blackshark konon bisa mencegah CPU dan GPU dalam system-on-chip menurunkan kecepatan (throttling, karena kepanasan) saat menjalankan game.

Xiaomi sendiri diketahui memiliki sebagian saham sebuah perusahaan bernama Black Shark Tech Inc yang antara lain bergerak di bidang pengembangan kamera.

Kemungkinan nama "Blackshark" untuk smartphone gaming Xiaomi diambil dari perusahaan ini, atau boleh jadi malah tidak ada hubungannya sama sekali.

Blackshark diperkirakan bakal menjadi rival smartphone gaming Razer Phone yang sudah lebih dulu dirilis akhir tahun lalu. Namun, jadwal kedatangan Blackshark masih belum jelas.

Baca juga : MIUI 9 Global Stable ROM Dirilis, Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X