Baru Satu Ponsel Android yang Mendukung Quick Charge 4.0

Kompas.com - 21/03/2018, 08:22 WIB
Quick Charge 3 mampu menyesuaikan voltase yang bisa ditampung baterai sebuah ponsel. Oik Yusuf/KOMPAS.comQuick Charge 3 mampu menyesuaikan voltase yang bisa ditampung baterai sebuah ponsel.
|

KOMPAS.com - Produsen chipset terkemuka, Qualcomm, baru-baru ini merilis daftar ponsel yang mendukung kemampuan Quick Charge 4.0. Sayangnya jumlahnya jauh dari harapan karena baru ada satu ponsel saja yang mendukung teknologi ini.

Perangkat yang menggunakan teknologi pencasan daya super cepat ini diklaim bisa terisi baterainya sebanyak 50 persen dari kondisi kosong hanya dalam waktu 15 menit.

Dalam rilisan tersebut tercatat hanya Razer Phone yang mendukung kemampuan ini. Ponsel gaming ini memang menggunakan chipset kelas atas dari Qualcomm, yakni Snapdragon 835.

Spesifikasi Razer Phone memang boleh dibilang tinggi. Selain dipersenjatai Snapdragon 835, ponsel ini memiliki RAM sebesar 8 GB dengan kapastias penyimpanan 64 GB.

Smartphone yang diklaim sebagai ponsel gaming ini memiliki keunggulan pada kapasitas RAM yang besar serta refresh rate layar yang tinggi dengan angka 120 Hz.

Baca juga : Razer Rilis Razer Phone, Smartphone Gaming dengan RAM 8 GB

Kendati demikian, Qualcomm yang bermarkas di Amerika Serikat ini menjanjikan akan ada lebih banyak perangkat yang mendukung Quick Charge 4.0. Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (21/3/2018), Qualcomm menjanjikan kemampuan ini akan hadir pada smartphone LG G7 dan ZTE Nubia Z17.

Teknologi Quick Charge ini sejatinya sudah diperkenalkan oleh Qualcomm sejak 2013 silam. Kala itu, Quick Charge 1.0 pertama kali diperkenalkan untuk ponsel dengan chipset Snapdragon 600.

Kemudian berlanjut pada 2015 Qualcomm memperkenalkan Quick Charge 2.0 dan Quick Charge 3.0 pada 2016 lalu. Pada Juni 2017, Qualcomm mengumumkan Quick Charge 4.0+ yang mengedepankan manajemen daya dan keseimbangan termal yang cerdas. (Baca juga : Quick Charge 4 Plus Isi 50 Persen Baterai dalam 15 Menit)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X