Pandangi Ponsel 20 Jam Nonstop, Wanita Ini "Membeku"

Kompas.com - 22/03/2018, 07:01 WIB

KOMPAS.com - Seorang wanita asal China mengalami pembekuan darah, setelah 20 jam menatap layar ponselnya tanpa henti.

Wanita berusia 47 tahun tersebut merupakan pekerja migran yang sedang dalam perjalanan jarak jauh menggunakan kereta selama 20 jam.

Ia berencana kembali ke tempat kerja setelah menghabiskan liburan tahun baru imlek bulan lalu. Selama perjalanan itulah, dia lekat-lekat menatap layar ponselnya hingga turun di pemberhentian terakhir.

Ketika hendak turun dari kereta, wanita tersebut hampir tidak bisa bicara dan sulit menggerakkan satu sisi anggota badannya. Lantas, ia segera dibawa ke rumah sakit dan dioperasi selama tiga jam.

"Kami mengeluarkan banyak darah beku, hampir dua sentimeter totalnya, ukuran itu dua kali lipat dari pasien pada umumnya", jelas kepala dokter Rumah Sakit Jinan University di Guangzhou, Dr. Meng Heng.

Baca juga : Kebiasaan Main Ponsel Sambil Tidur Bisa Bikin Buta?

Wanita yang engan disebutkan namanya itu, menurut dokter, tidak bergerak karena kondisi kereta penuh sesak, dan memilih memainkan ponselnya dengan posisi miring ke kanan.

"Kesimpulannya, dia tetap berada di posisi tubuh yang sama selama perjalanan yang kemudian menekan pembuluh darah di sisi kanan lehernya", imbuh dokter Meng Heng, seperti dikutip KompasTekno dari New York Post, Kamis (22/3/2018).

Dokter memperingatkan, bahwa berada di posisi tubuh yang konstan dalam waktu lama saat memainkan ponsel, sangat berbahaya.

Baca juga : Main Ponsel Sambil Di-cas, Remaja Brasil Tewas Kesetrum

Ancaman kesehatan akibat aktivitas ponsel yang berlebihan, juga pernah terjadi di China sebelumnya. Seorang wanita berusia 21 tahun mengalami kebutaan di salah satu matanya setelah bermain game Honour of Kings di ponselnya selama satu hari penuh tanpa henti dan tanpa mengubah posisi tubuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.