Begini Cara Facebook Ambil Data Pengguna Meski Sudah "Log Out"

Kompas.com - 22/04/2018, 12:12 WIB
Ilustrasi Facebook JOSH EDELSON / AFPIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Saat bersaksi di depan wakil rakyat Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengamini bahwa Facebook mengambil data penggunanya, termasuk saat mereka sudah log out (keluar) dari akun Facebook.

Bahkan yang mengejutkan, perusahaan jejaring sosial itu turut memata-matai orang belum memiliki akun Facebook sekalpun.

"Ketika Anda mengunjungi situs web atau aplikasi yang menggunakan layanan kami, kami menerima informasi bahkan jika Anda tidak membuka Facebook atau tidak memiliki akun Facebook," jelas Product Management Director Facebook, David Baser, dalam sebuah posting.

"Hal ini karena aplikasi dan situs yang Anda buka tidak mengetahui (pengunjung) mana yang menggunakan Facebook", lanjut Baser. 

Baca juga : 1 Juta Akun Facebook di Indonesia Bocor, Ini Link untuk Mengeceknya

Situs web dan aplikasi bisa menggunakan sejumlah layanan Facebook untuk mengumpukan informasi tentang pengunjung, yang kemudian digunakan untuk membuat agar konten dan iklan yang ditayangkan di situs web serta aplikasi bisa lebih relevan.

Baser memaparkan jenis-jenis layanan Facebook yang digunakan untuk mengumpukan informasi pengguna meski sudah log out atau belum memiliki akun, berikut tipe informasi yang dikumpulkan. Selengkapnya ada di bawah, seperti dirangkum KompasTekno dari CNBC, Minggu (22/4/2018).

1. Melalui tombol "Social Plugins" dan Fitur "Log-In with Facebook"

Pertama adalah melalui layanan social plugins, seperti tombol "Like" dan "Share" di situs web lain di luar Facebook, seperti situs belanja atau situs berita.

Sementara fitur login with Facebook, adalah fitur yang biasa digunakan pengguna untuk masuk ke aplikasi atau layanan online menggunakan akun Facebook yang sudah ada, sehingga tak perlu membuat atau mendaftar akun baru.

Dalam hal ini, informasi yang dikumpulkan adalah IP address (alamat perangkat di internet), jenis browser (peramban) atau tipe sistem operasi, serta alamat situs web atau aplikasi untuk mengaktifkan fitur "like" dan "share".

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X