Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Lebih Mudah daripada Android

Kompas.com - 30/10/2018, 11:27 WIB
Jerona iPhone XR dibongkar. iFixitJerona iPhone XR dibongkar.

KOMPAS.com - Meski dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, varian iPhone termurah yakni iPhone XR ternyata lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan. Khususnya dua komponen utama yang seringkali rusak yakni baterai dan layar.

Hal ini terungkap setelah ahli perbaikan iPhone dari iFixit membongkar jeroan iPhone XR. Hasilnya menurut sang ahli, meski memiliki bentuk serupa, iPhone XR punya karakteristik yang berbeda dengan iPhone XS dan XS Max.

Prosedur penggantian baterai dan layar milik iPhone XR jauh lebih mudah bahkan lebih mudah dari ponsel Android kebanyakan. Pasalnya baterai milik iPhone XR tidak berbentuk L seperti iPhone XS melainkan berbentuk persegi panjang layaknya iPhone 8.

"Prosedur pembukaan untuk bagian layar dan kemudahan akses untuk menjangkau baterai tetap menjadi prioritas utama desain Apple," ungkap Kay Clapp salah satu pakar perbaikan iPhone lewat blog resminya.

Baca juga: Ingin Ganti iPhone Lawas ke iPhone XR? Pertimbangkan 5 Hal Ini

"Ini membuat dua komponen perbaikan paling umum (layar dan baterai) jadi lebih mudah bahkan daripada sebagian besar ponsel Android," lanjutnya.

Ia pun kemudian memberikan penilaian 6 dari 10 poin dalam perbaikan. Skor ini sama seperti yang diberikan kepada iPhone XS dan iPhone Xs Max.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, para pakar pun menemukan beberapa hal yang perlu digarisbawahi seperti penggunaan lempengan tembaga pada bagian pengisian daya. Hal ini membuat proses pengisian daya iPhone XR bisa lebih cepat tetapi juga cepat panas.

Selain itu dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (30/10/2018), material kaca pada iPhone XR juga ditengarai rawan retak. Jika terjadi keretakan maka pengguna harus mengganti seluruh sasis pada ponsel.

iPhone XR sendiri diperkenalkan sebagai anggota dari trio iPhone 2018 dan menjadi varian iPhone termurah. Ponsel yang dirilis beberapa waktu lalu ini dibanderol sekitar Rp 11,3 juta untuk versi paling rendah.

Dari segi desain, iPhone XR yang masuk kelas menengah ke bawah mengusung layar 6,1 inci, sudah bezel-less dan punya poni (notch).

Ukuran layar ini tergolong besar di kelasnya, mengingat iPhone 8 Plus sebelumnya hanya mengusung ukuran layar 5,5 inci.

Bedanya iPhone XR dari iPhone XS dan iPhone XS Max adalah jenis layar yang masih LCD, bukan OLED yang umum dipakai ponsel flagship. Materi layar LCD membuat harga iPhone XR menjadi lebih terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MASHABLE
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.