Membandingkan Xiaomi Redmi Note 6 dan Redmi Note 5 AI, Apa Bedanya? - Kompas.com

Membandingkan Xiaomi Redmi Note 6 dan Redmi Note 5 AI, Apa Bedanya?

Kompas.com - 09/11/2018, 19:17 WIB
Redmi Note 6 Pro memiliki notch alias poni di bagian atas layarnya. Redmi Note 6 Pro memiliki notch alias poni di bagian atas layarnya.

KOMPAS.com - Baru beberapa bulan Xiaomi Redmi Note 5 AI diluncurkan, pabrikan China itu kembali resmi meluncurkan versi lanjutannya, yakni Redmi Note 6 Pro, di Indonesia, Selasa, (6/11/2018), dengan membawa beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Namun, masih ada beberapa sisi spesifikasi yang terlihat sama dengan model terdahulu yang telah meluncur di tahun yang sama itu.

Baca juga: Menjajal Ponsel 4 Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Apakah pengguna Redmi Note 5 AI perlu upgrade ke Redmi Note 6 Pro? Mana di antara kedua smartphone ini yang layak dipilih pembeli baru? Silakan simak perbandingan kedua ponsel yang dirangkum KompasTekno berikut.

Layar

Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan desain baru berponi (notch) dan layar sedikit lebih besar dari pendahulunya. Ponsel ini memiliki layar Full HD+ 6,26 inci dengan aspect ratio 19:9.

Sementara, Redmi Note 5 AI memiliki layar HD+ 5,99 inci yang lebih kecil dengan aspect ratio 18: 9 tanpa hadirnya notch.

Sisi depan Redmi Note 5. Layar perangkat ini menganut aspect ratio 18:9 untuk memaksimalkan area display. Soft button home, back, dan recent apps sudah menyatu dengan tampilan antarmuka sistem operasiKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi depan Redmi Note 5. Layar perangkat ini menganut aspect ratio 18:9 untuk memaksimalkan area display. Soft button home, back, dan recent apps sudah menyatu dengan tampilan antarmuka sistem operasi

Perbedaan layar ini membuat display Redmi Note 6 Pro terlihat lebih lebar dan memanjang dibanding Redmi Note 5 AI, meski komprominya adalah kemunculan notch di bagian atas.

Kamera

Dalam kemampuan fotografi, Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan konfigurasi empat kamera, dua kamera di masing-masing sisi depan dan belakang.

Redmi Note 6 Pro merupakan model pertama dari lini smartphone entry-level Redmi besutan Xiaomi yang mendapat fitur empat kamera.

Di bagain belakang Redmi Note 6 Pro memiliki sensor kamera standar 12 megapiksel (f /1.9) dan kamera kedua dengan resolusi 5 megapiksel (f /2.2) yang berfungsi sebagai depth sensor untuk menerapkan efek depth-of-field (bokeh).

Redmi Note 6 Pro mengusung kamera ganda pada bagian punggung. Masing-masing lensa berukuran 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Redmi Note 6 Pro mengusung kamera ganda pada bagian punggung. Masing-masing lensa berukuran 12 megapiksel dan 5 megapiksel.

Sementara di bagian depan, ponsel disokong kamera swafoto beresolusi 20 megapiksel (f/2.0) dan 2 megapiksel (f/2.2) yang juga berperan sebagai depth sensor untuk foto bokeh.

Di sisi lain, Redmi Note 5 AI juga memiliki pengaturan kamera ganda di bagian belakang yang mirip dengan Redmi Note 6 Pro.

Kamera belakang  Redmi Note 5 AI memiliki sensor primer 12 megapiksel (f/1.9) dan sensor sekunder 5-megapiksel (f/2.0).

Hasil kamera depan Rdmi Note 6 pro dengan efek beautify dan bokeh. Hasil kamera depan Rdmi Note 6 pro dengan efek beautify dan bokeh.
Perbedaannya terletak di bagian depan, di mana Redmi Note 5 AI hanya  disokong kamera tunggal beresolusi 13  megapiksel dengan lensa f/2.0.

Baik Redmi Note 5 AI maupun Redmi Note 6 Pro sama-sama mengandalkan teknologi AI (kecerdasan buatan) untuk mempercantik hasil jepretan kamera, melalui penyesuaian parameter secara otomatis berdasarkan pengenalan scene foto.

Baca juga: Menjajal Kecerdasan Kamera Ponsel Redmi Note 5 AI

Namun, di Redmi Note 6 Pro, Xiaomi mempercanggih AI dengan fitur-fitur baru seperti AI Portrait Mode dan pengenalan hingga 27 scene berbeda.

Prosesor, RAM, baterai, sistem operasi

Pada segi prosesor, Redmi Note 6 Pro dan pendahulunya berbagi sytsem-on-chip yang sama, yakni Snapdragon 636. Kedua ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Tidak hanya prosesor dan baterai, Redmi Note 5 AI dan Redmi Note 6 Pro juga memiliki konfigurasi RAM dan storage yang sama persis.

Keduanya masing-masing memiliki opsi varian  RAM 3 GB/32 GB storage dan RAM 4 GB/64 GB storage dengan dukungan operasi Android Oreo 8.1 dan antarmuka MIUI 9,

Harga

Di Indonesia, Xiaomi membanderol Redmi Note 6 Pro seharga Rp 2,9 juta untuk versi RAM 3 GB/ 32 GB dan Rp 3,3 juta untuk varian RAM 4 GB penyimpanan 64 GB.

Sementara itu, dengan harga yang tidak jauh, Redmi Note 5 AI dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB dibanderol dengan harga awal Rp 2,5 juta serta Rp 3 juta untuk RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB pada saat peluncuran April silam.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 6 Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,9 Juta

Jika pengguna lebih ingin fitur kamera yang lebih mumpuni (meskipun kualitasnya mungkin identik) dan layar lebar kekinian dengan pini, maka Redmi Note 6 Pro boleh jadi cocok dipilih.

Namun, jika tidak mementingkan kamera atau layar lebih lebar, meminang Redmi Note 5 AI rasanya tidak masalah karena secara garis besar, tidak ada yang berubah secara signifikan di sisi hardware.



Close Ads X