Kompas.com - 05/12/2018, 19:28 WIB
Ryan, sang YouTuber berusia 7 tahun dengan pendapatan terbesar tahun ini. YouTube Ryan ToysReviewRyan, sang YouTuber berusia 7 tahun dengan pendapatan terbesar tahun ini.

KOMPAS.com - Bukan rahasia bahwa kreator konten di layanan berbagi video YouTube, atau diistilahkan “YouTuber”, kerap bergelimang harta. Pendapatan mereka datang melalui berbagai penjuru, baik dari AdSense, kemitraan dengan brand, hingga membuat merchandise untuk para penggemar.

Bahkan, tak sedikit YouTuber yang memanfaatkan popularitas untuk mengembangkan bisnis baru. Tahun ini, seorang YouTuber berumur 7 tahun bahkan berhasil mengumpulkan 22 juta dollar AS (Rp 316 miliar) sepanjang 2018.

Selengkapnya, berikut 10 YouTuber yang menghimpun duit terbesar selama setahun belakangan.

10. Logan Paul

Pria berumur 22 tahun ini sempat menghebohkan jagat maya ketika mengunggah video kunjungannya ke hutan Aokigahara, Jepang, yang kerap menjadi tempat bunuh diri.

Logan Paul menunjukkan salah satu mayat bunuh diri yang tergantung di pohon dalam videonya. Perbuatan itu dihujat netizen dan berdampak pada karirnya di YouTube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi 2017

YouTube melarang segala bentuk iklan masuk ke channel Logan Paul. Alhasil, pendapatannya dari AdSense berhenti total. Para brand pun memutus kontrak kerja sama dengannya.

Namun, para loyalis Logan Paul tetap mendukung sang idola dengan membeli merchandise-nya melalui brand “Maverick”. Sepanjang 2018, Logan Paul berhasil menghimpun pendapatan 14,5 juta dollar AS (Rp 208 miliar).

9. PewDiePie

Pria asal Swedia dengan nama asli Felix Kjellberg ini merupakan YouTuber dengan subscriber terbanyak, yakni 72,5 juta. Seperti Logan Paul, PewDiePie pun sempat bermasalah karena video-videonya yang kerap memicu pro dan kontra di masyarakat.

Ia sempat mengunggah video yang dianggap provokatif dan bermuatan anti-Yahudi. Akibatanya, beberapa brand sempat menghentikan kontrak dengannya.

Namun, belakangan brand kembali mendekat seiring berjalannya waktu. Sepanjang tahun ini, ia berhasil mengumpulkan duit 15,5 juta dollar AS (Rp 222 miliar).

8. Jacksepticeye

Pembawaan yang ceria dan energik merupakan daya tarik YouTuber gaming dengan nama asli Sean McLoughlin ini. Channel YouTubenya menjadi yang paling populer di Irlandia dengan 20 juta subscriber.

Beberapa kemitraan dengan brand kawakan pun telah diembannya. Salah satunya, ia dikontrak Disney untuk membuat konten berseri di YouTube.

Bukan cuma itu, ia juga aktif di platform berbagi video khusus gaming “Twitch”. Pendapatannya pun banyak mengalir dari sana.

Sepanjang tahun ini, Sean McLoughlin berhasil menghimpun 16 juta dollar AS atau setara Rp 230 miliar.

7. Vanoss Gaming

Masih dari YouTuber gaming, di posisi ketujuh adalah Evan Fong dari channel YouTube Vanoss Gaming. YouTuber asal Kanada tersebut terkenal dengan karakternya yang lucu dan abstrak.

Ia gemar memainkan mainstream game seperti “Call of Duty” dan “Assassin’s Creed”, namun dengan pembawaan yang unik. Belakangan ia juga mulai merambah industri musik hip-hop, tetapi belum sesukses karirnya sebagai YouTuber gaming.

Sepanjang tahun ini, Evan Fong mengantongi 17 juta dollar AS (Rp 244 miliar).

6. Markiplier

Industri game di YouTube memang menjadi salah satu yang paling bertumbuh subur. Tak heran YouTuber yang fokus membuat video gaming banyak yang mendulang popularitas.

Halaman:


Sumber Forbes

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.