Dokumen Paten Ungkap Bentuk Smartpone Lipat LG - Kompas.com

Dokumen Paten Ungkap Bentuk Smartpone Lipat LG

Kompas.com - 07/01/2019, 10:49 WIB
Sebuah paten memperlihatkan bentuk ponsel layar tekuk buatan LG. Phone Arena Sebuah paten memperlihatkan bentuk ponsel layar tekuk buatan LG.

KOMPAS.com - Pada kuartal keempat 2018 lalu atau tepatnya pada bulan Oktober, LG mengumumkan tengah menggarap perangkat smartphone dengan layar lipat. Ketika itu LG tidak memberi rincian lebih lanjut, hanya sebatas konfirmasi semata.

Namun baru-baru ini, sebuah dokumen paten dari LG memperlihatkan wujud ponsel layar tekuk yang tengah digarap oleh vendor asal Korea Selatan tersebut

Baca juga: LG Dipastikan Ikut Bikin Ponsel Lipat

Paten yang bersangkutan dipublikasikan tanggal 27 Desember lalu. Di dalamnya terlihat bahwa ponsel lipat LG memiliki layar fleksibel yang bisa dilipat menghadap bagian luar.

Jadi, ketika perangkat dalam keadaan terlipat, layarnya akan bisa tetap dilihat dan seakan "membungkus" bodi dari depan hingga belakang.

Selain itu, bagian bingkai alias bezel ponsel terlihat cukup tebal di bagian atas dan bawah, namun tipis di sisi kiri dan kanan.

Pada desain yang dipublikasikan terlihat ponsel ini dapat ditekuk ke arah luar. Menariknya, ponsel ini memiliki sebuah engsel yang diletakkan di antara dua layar yang dapat dilipat.

Ketika layar dibuka, bagian engsel ini membuat layar sedikit lebih panjang sehingga ukuran bentang layar pun menjadi lebih luas. Saat layar dibuka, maka ponsel ini akan terlihat menyerupai sebuah tablet.

Dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Senin (7/1/2019), belum diketahui secara pasti kapan ponsel ini akan diluncurkan. Namun informasi yang beredar mengatakan smartphone layar lipat pertama milik LG ini akan dirilis di kuartal ketiga 2019.

Kendati demikian pihak LG sendiri belum memberi komentar lebih lanjut terkait ponsel layar tekuk yang tengah digarap ini. Belum diketahui pula seperti apa spesifikasi yang bakal diusung ponsel ini.

Sebelumnya, LG pun terendus tengah menyiapkan sebuah arloji pintar. Indikasinya terlihat dari paten perangkat LG yang belakangan ini beredar.

Dokumen paten yang dirilis pada 20 Desember 2018 olah kantor paten dunia (WIPO) dan AS (USPTO) itu mendeskripsikan perangkat smartwatch dengan kamera yang terintegrasi.

Baca juga: LG Patenkan Smartwatch Berkamera

Meski demikian, smartwatch berkamera buatan LG ini masih belum tentu terwujud dalam waktu dekat. Karena perangkat ini masih berupa sebuah paten yang belum diketahui jelas pembuatannya.



Close Ads X