WhatsApp Uji Coba Kunci Percakapan dengan Sidik Jari

Kompas.com - 10/01/2019, 14:45 WIB
WhatsApp. ShutterstockWhatsApp.

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur otentikasi sidik jari sebagai sistem keamanan chat penggunanya. Sehingga, orang lain tidak akan bisa mengintip chat tanpa seizin dari empunya akun WhatsApp.

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan bakal fitur baru WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Fitur otentikasi sidik jari tersebut akan terpasang dalam keadaan disable (non-aktif) secara default di versi Android 2.19.3.

Sebelumnya, WhatsApp sempat akan mengimplementasikan fitur Face ID dan Touch ID untuk pengguna iOS sebagai pengaman chat, seperti dirangkum KompasTekno dari Gadgets 360, Kamis (10/1/2019).

Fitur sensor pemindai sidik jari di WhatsAppWABetaInfo Fitur sensor pemindai sidik jari di WhatsApp

Namun fitur tersebut masih belum tersedia dengan dalih masih dikembangkan. Jika telah resmi meluncur nanti, pengguna bisa menemukan fitur otentikasi sidik jari dengan membuka "Setting" - "Akun" - "Privasi".

Baca juga: WhatsApp Sudah Tidak Bisa Dipakai Lagi di Tipe Ponsel Ini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di bagian bawah akan muncul sub-menu "Authentication", yang bisa diaktifkan dengan mencentang kotak hijau di kanan.

Setelah aktif, maka aplikasi WhatsApp sepenuhnya akan terlindungi karena untuk membukanya, baik dari aplikasi, maupun notifikasi dibutuhkan otentikasi sidik jari yang telah didaftarkan.

Jika WhatsApp kesulitan mendeteksi sidik jari, pengguna tak perlu khawatir. Sebab, otentikasi juga bisa menggunakan kredensial dari perangkat.

Meski diuji coba di versi Android, fitur ini juga akan hadir bagi pengguna iOS di masa yang akan datang. Fitur ini akan bisa dijajal pengguna WhatsApp versi Android Marshmallow hingga paling baru.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.