Cara Mudah Membuat "Group Call" dan "Group Video Call" di WhatsApp

Kompas.com - 17/01/2019, 13:07 WIB
Ilustrasi WhatsApp PhoneArenaIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - WhatsApp semakin memudahkan penggunanya untuk membuat panggilan telepon dalam grup atau group call serta group video call.

Fitur group call dan group video call sejatinya telah diluncurkan pertengahan tahun lalu, tapi penggunaannya agak sedikit merepotkan.

Sebab, pengguna harus melakukan secara manual, memulai panggilan dengan salah satu pengguna, baru mendambahkan pengguna lainnya.

Kini WhatsAp telah memperbarui dengan membubuhkan ikon khusus bergambar telepon  bertanda plus (+).

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Kunci Percakapan dengan Sidik Jari

Tombol ini bisa ditemukan di pojok kanan atas di ruang group chat (obrolan grup). Pengguna cukup mengetuk tombol tersebut untuk memulai panggilan, kemudian pilih maksimal tiga anggota grup.

Sehingga, total anggota panggilan group bisa tetap empat orang - bersama dengan inisiator panggilan grup - sebagaimana jumlah maksimal peserta dalam fitur group call yang sudah ada.

Di sisi kanan atas akan muncul pilihan ingin melakukan group video call (tombol sebelah kiri) atau group call (tombol sebelah kanan). Perlu diingat jika cara ini hanya bisa dilakukan melalui group chat dengan mengajak anggota yang terdaftar dalam group.

Cara melakukan group call atau group video call dari ruang obrolan grup (group chat).Kompas Tekno Cara melakukan group call atau group video call dari ruang obrolan grup (group chat).

Untuk membuat panggilan grup diluar group chat, harus dilakukan secara manual. Inisiator telepon pertama juga hanya bisa memilih kontak dari nomor yang telah mereka simpan saja, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gadgets 360, Kamis (17/1/2018).

Baca juga: Cara Balas Pesan Secara Rahasia di Grup WhatsApp iOS

Untuk mencoba fitur ini, pengguna bisa memperbarui aplikasi WhatsApp untuk Android ke versi 2.19.9.

Sementara itu, pengguna iOS sudah bisa mencobanya sejak bulan lalu. Dalam pembaruannya, WhatsApp juga membawa perbaikan untuk bug GIF yang dilaporkan sering tidak berfungsi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X