Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Balas Pesan Secara Rahasia di Grup WhatsApp iOS

Kompas.com - 15/01/2019, 14:42 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pesan instan milik Facebook, WhatsApp, mendapat pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara rahasia di grup chat untuk pengguna iOS.

Berdasarkan daftar perubahan (changelog) aplikasi chatting itu di AppStore, pengguna iOS kini bisa membalas pesan secara pribadi ke salah satu anggota di dalam grup (1:1).

Bagaimana caranya? Pengguna tinggal meng-klik dan menahan pesan dari orang tersebut di grup chat. Setelah itu, dari opsi yang kemudian muncul, pilih "More", kemudian "Reply Privately".

WhatsApp lantas akan membuka jendela baru untuk melakukan percakapan pribadi (PM) dengan orang itu, disertai dengan kutipan pesan yang dibalas lewat Private Reply dalam grup.

Apabila kutipan pesan ini di-klik, WhatsApp akan kembali ke tampilan grup untuk memperlihatkan pesan mana dalam grup yang dimaksud dalam Private Reply tadi.

Baca Juga: Segera Hadir, Fitur Balas Pesan Secara Rahasia di Grup WhatsApp

Dengan demikian, pengguna WhatsApp iOS pun bisa membahas topik percakapan di grup hanya dengan satu orang secara rahasia, tanpa diketahui anggota grup lain.

Fungsi Private Reply sebenarnya mirip dengan membuka jendela percakapan pribadi saja. Bedanya, ada kutipan percakapan yang dibalas secara privat dari dalam grup.

Private Reply sebelumnya sudah hadir di aplikasi WhatsApp untuk Android, namun baru belakangan ini datang ke platform iOS.

3D Touch untuk melihat status

Selain Private Reply, aplikasi WhatsApp iOS versi terbaru juga mendapat dukungan fitur 3D Touch iPhone untuk melihat pratinjau status pengguna WhatsApp lain di tab Status.

Ada pula fitur baru yang mempermudah pengguna menggunakan stiker ketika menyunting video atau foto yang ingin diunggah di status atau di percakapan.

Beberapa bug juga disebut telah diperbaiki dalam pembaruan ini, namun tidak dijelaskan apa saja bug yang dimaksud. 

Fitur-fitur baru WhatsApp iOS seperti tersebut di atas dapat diperoleh dengan memperbarui aplikasi ke versi 2.19.11 lewat AppStore, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (15/1/2019).

Baca Juga: WhatsApp Uji Coba Percakapan Dengan Sidik Jari

WhatsApp sendiri akhir-akhir ini tengah gencar menguji coba fitur-fitur baru untuk para pengguna.

Salah satu calon fitur terbaru adalah otentikasi sidik jari sebagai sistem keamanan chat pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com