Pasaran Smartphone Diprediksi Turun Lagi Tahun Ini

Kompas.com - 08/03/2019, 12:12 WIB
Ilustrasi smartphone ShutterstockIlustrasi smartphone

KOMPAS.com - Lembaga riset IDC memprediksi pasaran smartphone global akan kembali menurun pada 2019. Penurunan ini akan melanjutkan tren penurunan smartphone selama dua tahun berturut-turut sebelumnya.

IDC memperkirakan volume pengapalan di 2019 akan menurun sebesar 0,8 persen dengan jumlah shipment 1,39 miliar ponsel pintar.

Kendati demikian, IDC juga memperkirakan ada harapan pertumbuhan smartphone global sebesar 2,3 persen secara year-on-year (YoY) pada paruh kedua tahun 2019.

Baca juga: Samsung Tergerus, Pasaran Smartphone Dunia Kembali Menurun

Pada tahun 2023 mendatang, IDC meramalkan total penjualan smartphone global bisa menembus angka 1,54 miliar unit. Ada beberapa faktor penyebab turunnya penjualan smartphone dalam dua tahun terakhir ini.

Menurut Program Vice President, Worldwide Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith, konsumen belakangan cenderung mengulur waktu untuk upgrade ponsel. Selain itu, tantangan di pasar Chin dan isu geopolitik turut mempengaruhi penjualan smartphone global.

Prediksi penjualan smartphone global oleh IDCIDC via Gadgets 360 Prediksi penjualan smartphone global oleh IDC

Pertanyaan terbesar

Namun, ia masih belum mengetahui, alasan apa yang nantinya bisa memicu geliat penjualan smartphone global.

"Pertanyaan terbesar yang masih belum terjawab adalah apa yang akan membawa industri smartphone kembali tumbuh," jelasnya sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets 360, Jumat (8/3/2019).

"Akan tetapi, dalam pandangan singkat ke depan, dengan melihat beberapa peningkatan teknologi penting yang terjangkau oleh 5G, kemungkinan akan menjadi yang paling signifikan," imbuhnya.

Baca juga: Bersiap Menyambut Era 5G di 2019

Meski penggunaan perangkat atau layanan 5G masih belum bisa diukur saat ini, namun setelah infrastruktur dan perangkat 5G tersedia, jumlah penggunanya diprediksi akan mencapai angka yang signifikan.

"Walaupun pengembangan 5G dan munculnya tren ponsel layar lipat belum terdeteksi penggunanya, tahun 2019 akan menjadi awal tahun modernisasi pasar smartphone," jelas Sangeetika Srivastava, Senior Research Analyst, Worldwide Mobile Device Trackers, IDC.

Ke depan, IDC memperkirakan bahwa penjualan ponsel 5G akan masif ke depan. Satu dari empat ponsel yang terjual pada tahun 2023 diproyeksikan merupakan ponsel dengan kemampuan 5G.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X