Sehari, Serial "Game of Thrones" Season 8 Dibajak 55 Juta Kali

Kompas.com - 23/04/2019, 19:36 WIB
Dua karakter dalam Game of Thrones, Jon Snow dan Daenerys Targaryen. HBODua karakter dalam Game of Thrones, Jon Snow dan Daenerys Targaryen.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Serial TV drama fantasi besutan HBO, Game of Thrones (GoT), baru saja memasuki musim kedelapan, atau musim terakhirnya.

Episode pertama di musim kedelapan itu tayang pada tanggal 14 April 2019, dengan judul Winterfell.

Episode tersebut telah ditonton lebih dari 17,4 juta penonton HBO dalam waktu 24 jam sejak penayangan perdana (premiere).

Jumlah itu terpecah menjadi 11,8 juta untuk jumlah penonton HBO konvensional di TV kabel dan 5,6 juta untuk penonton dua platform streaming milik HBO, yakni HBO Now dan HBO Go.

Baca juga: Dunia "Game of Thrones" Bisa Dijelajahi Lewat Google Maps

Menariknya, episode premiere Game of Thrones season 8 ini ternyata lebih banyak ditonton lewat platform yang tidak resmi alias bajakan dibanding platform resmi HBO.

Menurut data yang dirilis oleh firma analisis pembajakan digital, Muso, episode pertama musim kedelapan seri GoT telah ditonton sebanyak 55 juta kali melalui sumber tak resmi terhitung dalam 24 jam sejak penayangan perdana.

Berdasarkan data Muso juga, sebanyak 76,6 persen dari penonton tersebut menonton konten premiere GoT yang berasal dari penyedia streaming ilegal.

Kemudian 12,2 persen berasal dari unduhan versi web tidak resmi, 10,8 persen dari sumber unduhan torrent public, dan 0,5 persen berasal dari torrent private.

Jika dilihat berdasarkan kawasannya, penonton video bajakan episode pertama tersebut paling banyak berasal dari India, dengan angka pembajakan hingga 9,5 juta kali, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BusinessInsider, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: 10 Serial TV Paling Sering Dibajak, "Game of Thrones" Teratas

Peringkat kedua diduduki oleh China dengan 5,2 juta pembajakan, dan perangkat ketiga ditempati oleh AS yang membajak episode premiere GoT musim kedelapan sebanyak hampir 4 juta kali.

Sebagai informasi, secara keseluruhan, drama fantasi Game of Thrones ini juga sempat menjadi serial TV yang paling banyak dibajak di internet pada 2017 lalu, menurut blog TorrentFreak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X