Donald Trump Melunak, Ponsel Huawei Bisa Pakai Android Lagi?

Kompas.com - 30/06/2019, 11:24 WIB
Ilustrasi ponsel Huawei.Istimewa Ilustrasi ponsel Huawei.

KOMPAS.com - Para pengguna ponsel Huawei bisa sedikit bernafas lega. Kabar gembira datang dari Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka, Jepang.

Sikap Presiden AS, Donald Trump melunak perang dagang perusahaan AS, setelah bernegosiasi dengan Presiden China, Xi Jin Ping. Isu ini sempat memanas sejak dua bulan lalu.

Salah satu hasil pertemuan itu adalah diperbolehkannya kembali perusahaan teknologi AS untuk memasok komponen ke Huawei.

"Atas permintaan dari perusahaan kelas atas kami (AS), dan Presiden Xi, saya setuju untuk mengizinkan perusahaan China, Huawei untuk membeli produk dari mereka, yang tidak memengaruhi keamanan nasioal kami," kata Trump.

Baca juga: Presiden Trump Izinkan Huawei Berbisnis dengan Perusahaan AS

Itu artinya, Google dkk bisa mulai berbisnis lagi dengan Huawei. Kemungkinan besar, ponsel Huawei juga akan kembali didukung penuh oleh Android, sementara lini laptop bisa jadi kembali didukung Windows besutan Microsoft.

Tapi tidak secepat itu. Meski memberi sedikit kelegaan, Trump mengatakan masalah Huawei masih akan menunggu negosiasi dengan China berakhir. Nasib Huawei dalam entity list atau daftar hitam, juga masih akan dirapatkan pekan depan.

"Kami bakal membahas Huawei di akhir. Kami akan melihat apa yang akan terjadi dengan perjanjian perdagangan yang disepakati," kata Trump.

Dalam konferensi persnya, Trump juga tidak menjelaskan apakan pemblokiran untuk Huawei akan dicabut seluruhnya atau masih ada beberapa hal yang dibatasi.

Hal ini masih menimbulkan keraguan bagi perusahaan dan asosiasi industri teknologi AS, seperti Semiconductor Industry Association.

Baca juga: Huawei Berani Ditinggal Android, Bagaimana dengan Nokia?

John Neuffer, presiden asosiasi perusahaan semikondutor itu mengaku masih menunggu informasi detail soal komponen apa yang bisa diperdagangkan dengan Huawei, dilaporkan CNN dan dirangkum KompasTekno, Minggu (30/6/2019)..

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X