Pasaran PC Naik Tipis di Kuartal Kedua 2019

Kompas.com - 16/07/2019, 14:43 WIB
HP Inc. mengumumkan ketersediaan sejumlah produk terbaru seperti personal computer, workstation, dan printer saat HP Imagine 2018 di Singapura, Rabu (18/7/2018)KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI HP Inc. mengumumkan ketersediaan sejumlah produk terbaru seperti personal computer, workstation, dan printer saat HP Imagine 2018 di Singapura, Rabu (18/7/2018)

KOMPAS.com - Setelah terus merosot selama dua kuartal terakhir, menurut lemba riset pasar Gartner, pasaran PC dunia akhirnya mengalami peningkatan tipis sebesar 1,5 persen pada kuartal kedua 2019.

Kenaikan tersebut didapat dengan membandingkan angka pengiriman PC dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada kuartal kedua 2018, jumlah PC yang dikirimkan secara global tercatat sebanyak 62 juta unit. Sementara, pada kuartal dua 2019 ini tercatat ada sekitar 63 juta unit secara global.

Menurut analis lembaga riset Gartner, Mikako Kitagawa, pengapalan PC terdongkrak oleh jumlah permintaan Windows 10 di pasar bisnis. Jumlah peningkatan yang cukup tinggi terjadi pada sektor PC desktop, sedangkan sektor mobile PC (laptop) menurun.

Baca juga: Disurvei 2 Lembaga Riset, Pasar PC Memang Turun

"Pertumbuhan PC desktop begitu kuat, alhasil ini dapat mengimbangi penurunan jumlah pengapalan dari mobile PC," kata Mikako.

Mikako juga mengatakan, peningkatan ini juga disebabkan cukupnya pasokan CPU dari Intel pada para vendor. Pasalnya menurut Mikako, hal tersebut juga cukup berdampak pada kondisi pasar PC selama 18 bulan terakhir saat pasokan tersendat.

"Kekurangan (pasokan CPU Intel) ini terutama berdampak pada vendor kecil dan menengah. Karena vendor besar terus mengaminl keuntungan dan bertumbuh, juga mengambil pangsa pasar yang jauh dari vendor kecil yang berjuang untuk mengamankan pasokan CPU," katanya.

Tiga teratas

Menurut riset Gartner, tiga vendor teratas dari industri PC dunia ditempati secara berurutan oleh Lenovo, HP, dan Dell. Jika dikalkulasikan, ketiganya menyumbang sebanyak 64,1 persen pengiriman PC global pada kuartal kedua 2019 ini.

Angka ini juga mengalami peningkatan dari periode yang sama pada tahun sebelumnya di mana ketiga brand tersebut menyumbang 60,7 persen dari total keseluruhan penjualan PC secara global.

Dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Selasa (16/7/2019), berdasarkan catatan Gartner, Lenovo berhasil mempertahankan posisi teratas di kuartal kedua tahun ini dengan angka pertumbuhan tercepat.

Baca juga: Permintaan Tinggi, Intel Kekurangan Stok Prosesor

Lenovo mengalami pertumbuhan sebanyak dua digit di semua wilayah, kecuali Amerika Latin.

Sementara, jumlah pengiriman PC buatan HP meningkat sebesar 2,6 persen dibandingkan kuartal tahun 2018 lalu.

Permintaan PC bisnis yang kuat mendorong pertumbuhan di semua wilayah pemasaran utama dan dapat mengimbangi jumlah pengiriman yang lemah di wilayah tertentu.

Kemudian Dell juga mencatat kinerja positif dengan mengalami pertumbuhan selama enam kuartal berturut turut. Sejauh ini Dell menjadi vendor dengan pertumbuhan yang paling konsisten selama tiga tahun terakhir.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X