Ponsel Pocophone Bakal Tidak Diproduksi Lagi?

Kompas.com - 23/07/2019, 08:14 WIB
Pocophone F1 Lulu Cinantya/Kompas.comPocophone F1

KOMPAS.com - Tahun lalu, Xiaomi meluncurkan Pocophone F1 yang digadang-gadang menjadi ponsel seri flagship dengan banderol harga murah. Hampir setahun, Pocophone seakan tenggelam, dan penerusnya pun minim kabar.

Kabar terbaru justru mengindikasikan bahwa Xiaomi akan menyetop produksi Pocophone. Indikasi ini muncul setelah Jai Mani, kepala produk Pocophone, mundur dari jabatannya di Xiaomi. Padahal, Pocophone F2 disebut-sebut akan rilis pada Agustus mendatang.

Mani masuk ke Xiaomi India sejak 2014, dan memulai tanggung jawabnya sebagai kepala produk Pocophone pada 2018. Baik Xiaomi maupun Mani belum mengungkap di mana kantor baru Mani.

Manu Jain, Kepala Xiaomi India sekaligus Wakil Presiden Internasional Xiaomi mengatakan, nasib lini Pocophone masih belum jelas.

Baca juga: Jawaban Xiaomi Terkait 10 Masalah di Pocophone F1

"Kami belum bisa menjawab sekarang. Apakah produk akan keluar sebagai brand atau series," jelas Manu Jain, dilansir KompasTekno dari Economic Times, Selasa (23/7/2019).

"Tentu saja, kami sedang melakukan sesuatu, tetapi apakah produk itu akan muncul dan kapan akan dirilis, kami tidak bisa membagi detailnya sekarang," imbuhnya.

Namun respons berbeda justru diberikan perwakilan Xiaomi, saat dimintai keterangan melalui e-mail.

"Untuk Poco tidak ada perubahan walau ada satu eksekutif mundur dan pekerjaan masih sesuai rencana," demikian respons perwakilan Xiaomi.

Bayang Redmi K20

Sebelumnya, Pocophone diperkenalkan sebagai flagship dengan harga miring. Tetapi setelah munculnya sub-brand Redmi dengan duo Redmi K20, yang mengusung spesifikasi tinggi dan harga yang juga miring, posisi Pocophone dipertanyakan.

Beberapa orang menganggap Redmi akan membayangi posisi Pocophone sebagai sub-brand Xiaomi.

Baca juga: Resmi, Redmi K20 Pro Dibekali Snapdragon 855 dan Kamera 48 MP

"Pocophone diluncurkan dengan memberikan beberapa spesifikasi high-end di harga menengah, yang dengan jelas berkompromi di bagian desain," ujar Navkendar Singh, salah satu periset IDC India.

"Dengan agresivitas harga dari seri K Xiaomi yang memiliki spesifikasi, hardware, dan desain flagship yang absolut, eksistensi Pocophone sebagai brand diragukan," jelasnya.

Di India, Redmi K20 Pro dijual dengan harga 25.000 rupee atau sekitar Rp 5 jutaan. Harga yang kurang lebih dengan Pocophone F1 ketika pertama diluncurkan tahun lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X