"Call of Duty Mobile" Libas PUBG dan "Fortnite" dalam Seminggu

Kompas.com - 10/10/2019, 15:04 WIB
Ilustrasi Call of Duty Mobile SensorTowerIlustrasi Call of Duty Mobile

KOMPAS.com - Pekan lalu, Activision dan perusahaan asal China, Tencent, merilis game franchise Call of Duty versi mobile secara global.

Kini, hanya dalam waktu satu minggu, game berjudul Call of Duty Mobile ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Angka tersebut merupakan hasil perkiraan dari firma periset pasar aplikasi mobile, SensorTower.

Melalui blog resminya, SensorTower mengklaim bahwa Call of Duty Mobile menjadi game smartphone pertama yang paling cepat meraih 100 juta total unduhan, dalam waktu satu minggu setelah diluncurkan secara global.

Baca juga: Update PUBG Mobile Ada Kendaraan dan Kemampuan Baru

Adapun game di yang menduduki posisi kedua setelah Call of Duty Mobile, dalam hal unduhan terbanyak di minggu pertama, merupakan Mario Kart Tour yang telah diunduh sebanyak 90 juta kali dalam kurun waktu yang sama.

Sementara game serupa, seperti PUBG Mobile dan Fortnite, total unduhan di minggu pertamanya sangat jauh tertinggal dari Call of Duty Mobile.

PUBG Mobile diunduh 28 juta kali dan Fortnite diunduh sebanyak 22,5 juta kali dalam kurun waktu satu minggu setelah resmi meluncur.

iOS terbanyak

Dari ratusan juta angka tersebut, pengguna iOS berkontribusi paling besar pada total download, jumlahnya mencapai 56,9 juta unduhan. Sementara angka unduhan untuk perangkat Android mencapai 45,3 juta kali.

Jika dilihat secara negara, Call of Duty Mobile paling banyak di-download di AS dengan total 17,3 juta kali unduhan. Posisi kedua ada India dengan 13,7 juta unduhan, dan Brasil dengan 7,1 juta unduhan.

Perlu dicatat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (10/10/2019), angka tersebut tidak termasuk pemain Call of Duty Mobile di China.

Baca juga: Sehari Meluncur, Call of Duty: Mobile Raup Rp 28 Miliar

Di Negeri Tirai Bambu, Call of Duty Mobile sendiri belum meluncur, meski Activision bekerja sama dengan perusahaan game asal China tadi (Tencent).

Di sisi lain, dari segi pendapatan, Call of Duty Mobile meraup 17,7 juta dollar AS dalam satu minggu. Angka itu berasal dari pengguna App Store sebanyak 9,1 juta dollar AS, sementara para pengguna Android berkontrubusi sebanyak 8,3 juta dollar AS terhadap pendapatan.

Secara wilayah, lagi-lagi AS menyumbang uang terbanyak bagi Call of Duty Mobile dengan 7,6 juta dollar AS, diikuti dengan Jepang sebesar 2,4 juta dollar AS, dan Brasil dengan pendapatan 840.000 dollar AS dalam minggu pertama.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X