6 Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Antisipasi Hujan

Kompas.com - Diperbarui 07/12/2021, 07:32 WIB

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan cuaca ekstrem masih akan menghantam Indonesia hingga 9 Desember 2021.

Hal ini bisa terjadi meski siklon tropis Teratai di Samudra Hindia barat daya Lampung yang terbentuk tanggal 1 Desember 2021 telah dinyatakan punah pada tanggal 2 Desember 2021 pukul 01.00 WIB.

“Sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki periode musim hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: BMKG: Cuaca Ekstrem Diprediksi Hantam Indonesia hingga 9 Desember

"Dengan indikasi aktifnya fenomena La Nina pada periode musim hujan ini, maka kewaspadaan terhadap potensi peningkatan curah hujan di atas normal harus lebih ditingkatkan,” lanjut Dwikorita.

Aplikasi prakiraan cuaca

Untuk persiapan mewaspadai hujan, ada banyak sekali aplikasi perkiraan cuaca yang di PlayStore dan App Store.

Baca juga: Cara Cek Penutupan Jalan karena Banjir di Jakarta lewat Google Maps

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, terdapat lima aplikasi prakiraan cuaca yang direkomendasikan dan hasil prediksi diklaim cukup akurat.

Berikut daftar enam aplikasi prakiraan cuaca tersebut.

1. Weather - The Weather Channel

Aplikasi cuaca pertama paling direkomendasikan ini disediakan oleh NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional Amerika Serikat). Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi cuaca yang diklaim memiliki layanan terbaik.

Dalam aplikasi ini, terdapat prakiraan cuaca yang signifikan, prakiraan curah hujan, keadaan terkini, kondisi jalan lalu lintas, laporan aktivitas, dan video.   

Aplikasi ini bisa digunakan di Android dan iOS. Pengguna dapat mengunduh aplikasi secara gratis dengan layanan iklan.

Namun, apabila ingin terbebas dari iklan dan menggunakan layanan secara maksimal, pengguna perlu membayar sebanyak 3,99 dolar AS atau setara dengan Rp 55.000.

Aplikasi ini tersedia di Play Store di tautan ini dan iOS di tautan ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.